Kejar Target Vaksinasi Merdeka, Polisi Siapkan Hadiah Motor Hingga Umroh

Suparno - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 14:55 WIB
Kejar Target Vaksinasi Merdeka, Polisi Siapkan Hadiah Motor Hingga Umroh
Kapolda Jatim pantau vaksin di Sidoarjo (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo - Vaksinasi merdeka yang digelar polisi terus digencarkan. Sejumlah hadiah dari motor, perabotan rumah hingga umroh disediakan bagi masyarakat yang mampu menginspirasi orang lain agar mau datang dan divaksin.

Hal itu disampaikan langsung Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta saat hadir memantau kegiatan vaksinasi merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rohman, Gedangan, Sidoarjo. Vaksinasi itu sendiri menargetkan 19.506 dosis di 124 titik yang dipimpin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara virtual.

"Yang sudah kami laksanakan adalah vaksinasi berhadiah. Itu hadiahnya sepeda motor, TV, kemudian kulkas dan sebagian peralatan rumah tangga. Lalu yang paling penting, kami akan memberikan hadiah umrah kepada orang-orang yang bisa memberikan inspirasi supaya datang melaksanakan vaksinasi," kata Nico, Selasa (11/1/2022).

Nico menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi merdeka berhadiah ini, pihaknya telah menyiapkan tim penilai di setiap kabupaten. Tim ini nantinya yang akan memilih siapa orang-orang yang menginspirasi agar mau datang untuk divaksin dan akan diberikan hadiah.

"Nanti ada tim penilai. Yang akan dilaksanakan setiap kabupaten dan nanti akan dipilih masing-masing dua orang dalam setiap kabupaten di khususnya wilayah Jawa Timur," jelasnya.

Menurut Nico, Polda Jatim saat ini telah melaksanakan vaksinasi merdeka dengan target 19.200 dosis. Adapun 10.600 dosis dikhususkan untuk anak-anak dengan usia 6-11 tahun. Sedangkan untuk pelajar di MI Arrohman, ditargetkan sebanyak 300 dosis vaksin Sinovac.

"Khusus di Sidoarjo ini di Gedangan. Kami melaksanakan dengan sasaran 300 anak yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Arrohman, Kemudian kami memohon kepada seluruh orang tua, tolong anak-anaknya yang belum vaksin agar segera didatakan, diinformasikan kepada kepala sekolah masing-masing khususnya usia 6 sampai 11 tahun," papar Nico.

"Targetnya sebanyak 2,6 juta, yang sudah tervaksin 46 persen. Harapannya 10 hari dari sekarang kita bisa naik menjadi 89 persen," imbuhnya.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, target vaksinasi di Kota yakni 182 ribu anak dengan usia 6-11 tahun. Sedangkan yang telah divaksin yakni mencapai 44 persen atau 80.504 ribu anak.

"Per hari ini, capaian vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Sidoarjo sudah mencapai angka 44 persen atau 80.504 anak telah divaksin," papar Kusumo.

Ia menargetkan pada akhir Januari, target vaksinasi di Sidoarjo telah mencapai sekitar 70 persen. Adapun untuk vaksinasi booster Kusumo menyebut rencanannya akan dilakukan besok. Meski demikian, pihaknya masih menunggu surat edaran lebih lanjut dari pemerintah.

"Vaksinnya sudah ada. Namun prioritas penggunaannya masih menunggu surat edaran," tandasnya. (fat/fat)