Pasien Omicron di Surabaya Terdeteksi Singgah ke Pasar

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 15:32 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Eri Cahyadi (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - Seorang pasien positif COVID-19 varian Omicron yang dirawat di RS Surabaya sempat pergi ke salah satu pasar di Surabaya. Pemkot Surabaya sudah melakukan swab PCR massal.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, usai dari Bali, pasien Omicron tersebut sempat ke pasar Surabaya. Pihaknya pun melakukan swab PCR pada pedagang pasar dan hasilnya semua negaitf.

"Kalau itu kita sudah dilakukan di lingkungannya dia, di pasar lingkungan rumah yang tidak jauh dari sana. Sehingga kita lakukan swab kontak erat, termasuk di pasar negatif semuanya," ujar Eri saat berkunjung ke Kantor Transmedia Surabaya, Selasa (11/1/2022).

Namun, Eri enggan menyebutkan pasien Omicron tersebut sempat singgah ke pasar mana. Sebab, lokasi pasar berbeda dengan lokasi rumahnya. Namun pihaknya sudah melakukan swab massal di dua lokasi itu, lingkungan rumah dan pasar.

"Sebenernya saya nggak bisa katakan utara atau selatan, karena dia di rumah itu pasarnya di beda tempat. Malah tidak pernah kontak yang ada di tempat tinggalnya. Makanya ketika saya bicara ini jadi khawatir," jelasnya.

"Dia datang dari Bali, sebelumnya ke pasar, berbeda rumah. Surabaya mana saya bingung jawabnya, titik ini atau ini. Makanya dua-duanya kita lakukan. Di sini malah belum lama di rumahnya belum kontak erat dengan lainnya," tambahnya.

Sementara kondisi satu pasien Omicron yang dirawat di rumah sakit masih positif Corona. Sedangkan pasien yang probable Omicron hasilnya negatif, meski juga diisolasi di rumah sakit. Mereka masih satu keluarga.

"Insyaallah masih positif, kurang tau hari ini. Karena 2 hari yang lalu iya (positif), sekarang belum update, yang Omicron masih 1. Insyaallah sudah keluar tapi bukan Omicron. Tapi nanti saya pastikan lagi sudah sembuh atau belum," kata Eri. (hil/fat)