8 Desa Terdampak Banjir Pasuruan, Tanggul hingga Rumah Warga Jebol

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 15:34 WIB
Delapan desa di empat kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Pasuruan. Banjir tersebut akibat luapan sungai setelah hujan deras mengguyur.
Rumah jebol terdampak banjir di Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Delapan desa di empat kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Pasuruan. Banjir tersebut akibat luapan sungai setelah hujan deras mengguyur.

Banjir juga menyebabkan tanggul dan sebuah rumah jebol. "Hujan lebat intensitas cukup tinggi hampir merata di Pasuruan pada Minggu (9/1) kemarin. Total ada 8 desa di 4 kecamatan yakni Kecamatan Gempol, Winongan, Rejoso dan Grati terdampak banjir," kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris, Senin (10/1/2022).

Menurut Harris, banjir di Gempol dan Winongan sudah surut sejak pagi. Namun di wilayah Rejoso dan Grati, genangan air belum surut hingga siang.

"Keseluruhannya sudah surut. Di Toyaning Kecamatan Rejoso, rumah-rumah sudah tak tergenang, hanya jalan desa dan lingkungan yang terendam. Siang ini insyaallah sudah surut," terang Harris.

Banjir terparah di dua desa di Kecamatan Grati, yakni Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan yang hingga saat ini belum surut. Banjir di 2 desa ini sempat mencapai 120 sentimeter. Bahkan di titik tertentu mencapai 1,5 meter.

"Di Grati ini masih tinggi. Ada tanggul jebol sehingga arus deras membuat tembok rumah warga jebol," terang Harris. (sun/bdh)