Polda Jatim Bentuk Tim Buru Pria Penendang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:26 WIB
pria buang sesajen di semeru
Pria buang dan tendang sesajen di lokasi erupsi Semeru (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya - Aksi pria membuang dan menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Semeru tengah menjadi perbincangan. Polda Jawa Timur telah membentuk tim dalam memburu pria tersebut.

"Itu kita sudah bentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko di Surabaya, Senin (10/1/2022).

Gatot mengatakan, apa yang dilakukan pelaku cukup mengganggu ketenangan masyarakat. Karena, situasi di Semeru pascaerupsi kini sudah damai dan membaik.

Untuk itu, Gatot mengatakan pihaknya akan turun langsung dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Hal ini agar, situasi kamtibmas di Semetu bisa terus terjaga.

"Kita juga memberi imbauan untuk edukasi kepada masyarakat. Karena kan selama ini Lumajang sudah mulai damai, mulai aman, mulai bagus. Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah meminta polisi, relawan, dan semua pihak untuk mencari pria tersebut. Thoriq ingin pria itu mengklarifikasi perbuatannya.

Baca juga: Kemenag Lumajang Sebut Aksi Pria Tendang Sesajen di Lokasi Semeru Tak Beradab

"Saya minta semua teman-teman, baik aparat maupun relawan di sana untuk mencari, dari mana orang itu, atau identitasnya siapa itu, dari kelompok mana itu. Saya minta segera untuk dicari, dan saya minta harus untuk pelaku mengklarifikasi supaya ini tidak mengganggu kami yang ada di Lumajang saat ini damai," ujar Thoriq kepada detikcom, Minggu (9/1/2022).

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno membenarkan bahwa pihaknya sedang memburu pria yang viral membuang dan menendang sesajen di lokasi erupsi Semeru. "Masih kami upayakan mencari," kata Eka.

Sebelumnya, video viral berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang pria mengenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah. Ada dua sesajen yang terlihat yakni buah dan nasi yang masing-masing berada di wadahnya.

Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata: "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucap pria tersebut.

Sedetik kemudian, tangan pria itu bergerak membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi di lokasi erupsi Semeru. Kebetulan letak sesajen itu berada di atas permukaan tanah yang lebih tinggi sehingga kedua sesajen itu langsung jatuh.

Simak Video 'Siapa Pria Penendang dan Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru?':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)