Coba Yuk Sambelan Cobek Bakar di Surabaya, Pedas Sekaligus Nikmat

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 13:59 WIB
sambelan cobek bakar sambal gami
Sambelan cobek bakar di Surabaya yang rasanya maknyuss (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya - Saat menikmati sambelan, biasanya sambel hanya ditaruh di cobek dengan lauk dan lalapannya. Namun ada yang berbeda dan unik di Surabaya, yaitu sambelan cobek bakar di warung Cak Mad.

Sambelan cobek bakar Cak Mad ini menarik perhatian, bahkan sempat viral di medsos. Sebab proses memasaknya yang unik, sambal cobek berjajar dibakar bersamaan.

Penyajiannya juga menarik, cobek terlebih dahulu ditaruh di atas kompor secara berjajar. Kemudian, racikan bawang putih dan bawang merah halus dituangkan ke dalam cobek untuk ditumis. Kemudian tinggal memilih, mau sambal manis atau asin.

Untuk sambal asin, bumbu yang sudah ditumis ditambah cabai halus dan penyedap rasa. Kemudian sambal ditumis di atas cobek dengan api yang membara.

Sedangkan untuk sambal manis, ada penambahan buah tomat di dalam campuran sambalnya. Ditumis selama dua menit, sambal sudah matang dan siap diberi lauk pilihan untuk disantap.

sambelan cobek bakar sambal gamiSejumlah lauk bisa dipilih (Foto: Esti Widiyana)

Sejumlah lauk bisa dipilih menemani sambal maknyuss ini seperti lele, ikan pe (pari), telur, cumi, tahu tempe, hingga udang.

Pemilik Warung Cobek Bakar Cak Mad, Sunarsih (46) mengatakan jika ia memang ingin membuat yang unik dan belum ada di Surabaya. Oleh karena itu, ia menyulap warung sambelan miliknya menjadi sambelan cobek bakar.

"Di Surabaya belum ada cobek bakar, sensasinya, apa lagi orang Surabaya seleranya pedas, ternyata banyak yang berselera dan datang karena keunikan dan rasanya," kata Sunarsih saat ditemui di warungnya, Minggu (9/1/2022).

Menurut Sunarsih, sambal yang dibakar di atas cobek ini juga memiliki cita rasa yang berbeda. Karena sambalnya tidak diuleg, tetapi ditumis.

"Ga pakek diuleg, langsung dicobek dan dibakar, aromanya lain. Tapi tetap enak dan nikmat," ujar perempuan asal Lamongan ini.

Dalam seharinya, Sunarsih mengaku mampu menghabiskan lima ratus porsi sambelan cobek bakar. Pembelinya pun bahkan dari berbagai daerah, seperti Gresik, Mojokerto, Jombang, Madura, dan Surabaya.

"Sehari itu bisa 500 porsi, lain dengan malam minggu lebih rame lagi. Jualan sambel cobek bakar baru 1 bulan ternyata rame. Sebelumnya penyetan biasa di sini. Inovasi baru. Sambelnya digongso. Hampir 2 tahun jual penyetan biasa, Makanya cari inovasi baru untuk menarik minat pembeli," jelasnya.

Sambelan cobek bakar Cak Mad ada di Jalan Lasem, Dupak Surabaya buka mulai pukul 16.00-21.00 WIB. Harganya juga tak menguras kantor, hanya Rp 8.000-Rp 21.000. (iwd/iwd)