Viral Lumba-lumba Mati, Nelayan Ngaku 4 Masih Hidup dan Dilepas ke Laut

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 13:35 WIB
lumba-lumba mati
Penampakan lumba-lumba yang viral mati di kapal nelayan (Foto: Tangkapan layar)
Pacitan - Polisi tengah memeriksa awak kapal yang diduga menangkap dan membuat lumba-lumba mati. Pemeriksaan dilakukan maraton di ruang satreskrim.

Kesempatan pertama, nahkoda dan 3 orang ABK dimintai keterangan. Selanjutnya, ada 23 orang lainnya yang akan menjalani pemeriksaan secara bergantian.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono membeberkan hasil terkini proses penyelidikan. Berdasar keterangan terperiksa, kejadian tersebut di luar kesengajaan.

"Intinya sampai saat ini masih didapati penyelidikan adanya ketidak sengajaan," terang Wiwit saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (9/1/2022).

Adapun dari ketujuh ekor lumba-lumba yang videonya sempat viral, tidak semuanya mati. Saat ditemukan terperangkap jaring, 4 ekor diantaranya masih hidup dan langsung dilepaskan ke laut.

"Dari hasil pemeriksaan sementara (lumba-lumba) langsung dilepas. Ada 4 yang hidup langsung lari berenang dilaut," imbuhnya.

Hingga saat ini pemeriksaan masih berlangsung. Polisi juga tak bekerja sendirian. Penegak hukum juga berkoordinasi dengan ahli dari lembaga terkait. Seperti BKSDA dan Dinas Perikanan.

"Masih terus didalami," pungkas Wiwit.

Simak Video 'Viral Penampakan 7 Lumba-lumba Terkulai di Atas Dek Kapal Nelayan Pacitan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)