SD-SMP di Surabaya PTM 100 Persen Pekan Depan, Siswa Dibagi 2 Shift

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 18:56 WIB
PAUD, TK, SD dan SMP di Surabaya akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen pada pekan depan. Tepatnya Hari Senin (10/1).
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Yusuf Masruh/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya - PAUD, TK, SD dan SMP di Surabaya akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen pada pekan depan. Tepatnya Hari Senin (10/1).

"Minggu depan kita mulai PTM 100 persen PAUD, SD, SMP berjalan. Sistemnya shift. Agar prokes bisa dijaga," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Yusuf Masruh kepada wartawan di Diskominfo, Kamis (6/1/2022).

Kemudian pihaknya akan melakukan evaluasi satu pekan pertama PTM 100. Mulai soal prokes di sekolah hingga kesiapan siswa.

"Kalau satu minggu bagus, kita laksanakan 100 persen tidak ada shift, masuk pagi semua," ujarnya.

Sebelum PTM 100 persen, pihaknya juga sudah melakukan asesmen terhadap seluruh sekolah. Hasilnya baik dan siap semua.

"Misalnya satu minggu anak pintar pakai masker, biar pun jaraknya agak dempet tapi masker rajin kan alhamdulillah. Kan yang paling utama masker, masker juga perlu waktu, namanya anak-anak, perlu dipantau," kata dia.

Swab PCR acak di sekolah tetap akan dilakukan oleh Dispendik. Itu untuk mendeteksi dini dan mengurangi tingkat penyebaran COVID-19. Baik di sekolah maupun lingkungan.

"Saya sudah bilang ke Pak Wali bahwa nanti kita sinergi ada kampung wani, satgas kelurahan. Harapannya ketika anak di sekolah bisa mengingatkan, wani ngomong. Anak-anak jangan berkerumun besok sekolah, tidur jangan malam-malam," tambahnya.

Saat PTM 100 persen nanti, anak-anak datang ke sekolah, lalu satgas menyiapkan PeduliLindungi untuk orang tua siswa. Kemudian siswa cek suhu dan jalan ke ruangan. Satgas sekolah juga mengarahkan agar siswa tidak bergerombol dan tetap memakai masker.

"Kita berharap tidak ada jam kosong. Nanti istirahat 10 menit. Tapi tidak keluar dari kelas. Ini juga perlu proses evaluasi satu minggu itu," ujarnya.

"Kalau pulang juga sama, satgas bantu yang di dalam sekolah tidak gerombol. Sekolah bantu ada tempat isolasi, sebelum pulang nunggu di situ. Kalau ortu datang dipanggil pulang biar tidak bergerombol," imbuhnya.

Berikut jadwal PTM 100 persen untuk PAUD, SD dan SMP di Surabaya:

Peserta didik PAUD masuk 1 jam 20 menit
Pukul 08.00-09.20 WIB

Peserta didik SD masuk 2 jam
Shift 1 pukul 07.00-09.00 WIB
Shift 2 pukul 09.30-11.30 WIB

Peserta didik SMP masuk 3 jam
Shift 1 pukul 06.30-09.30 WIB
Shift 2 pukul 10.00-13.00 WIB (sun/bdh)