Round-Up

Cerita Makam Palsu Demi Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 08:47 WIB
Sebuah video warga menemukan gundukan makam di pinggir jalan Pasuruan viral. Berikut foto-foto dari dekat makam tersebut.
Muncul kuburan baru di pinggir jalan (Foto file: Muhajir Arifin/detikcom)
Surabaya -

Video menampilkan warga menemukan gundukan makam di pinggir jalan beredar. Warga dibuat geger dengan video viral berisi kuburan misterius itu.

Dalam video berdurasi 31 detik itu, tampak seseorang merekam gundukan makam yang masih baru. Video itu diambil saat malam hari. Makam itu tampak lengkap dengan nisan warna putih. Di atas gundukan juga dipenuhi bunga dan tampak masih baru.

Polisi pun turun tangan, Mereka mendatangi lokasi temuan gundukan makam di pinggir jalan Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Makam itu dipastikan palsu. Setelah dipastikan palsu, makam itu dibongkar.

"Memang benar ada gundukan tanah yang menyerupai kuburan. Itu bukan kuburan beneran," kata Kapolsek Prigen AKP Bambang Tri Sutrisno, Rabu (5/1/2022).

Bambang kemudian meminta pemerintah desa melakukan pembongkaran gundukan tanah yang dibentuk menyerupai makam itu.

Sebuah video warga menemukan gundukan makam di pinggir jalan Pasuruan viral. Berikut foto-foto dari dekat makam tersebut.Sampah yang menumpuk di pinggir jalan/ Foto: Muhajir Arifin

"Saya sampaikan kepada pemerintah desa agar dilakukan pembongkaran. Dan sekarang sudah dibongkar," jelas Bambang.

Pihak kepolisian juga tengah meminta klarifikasi pada warga sekitar tujuan membuat gundukan tanah mirip makam tersebut.

"Kita sudah minta klarifikasi warga, bahwa gundukan tanah mirip makam itu dibuat untuk menakuti para pembuang sampah di lokasi," kata Kapolsek Prigen AKP Bambang Tri Sutrisno, Rabu (5/1/2022).

Menurut Bambang, sebelum membuat gundukan tanah mirip makam itu, masyarakat sudah membuat pagar dari bambu untuk mencegah orang-orang buang sampah. Juga pernah dibuat banner agar orang tak membuang sampah di lokasi tersebut.

Sementara Kepala Desa Bulukandang, Wahi Abadi mengaku makam palsu di tepi jalan itu untuk menakuti para pembuang sampah sembarangan. Upaya itu dilakukan warga karena sudah jengkel dan muak.

Simak video 'Makam 'Palsu' Boyolali, Pencegah Warga Buang Sampah Sembarang':

[Gambas:Video 20detik]