Pelukis Ini Manfaatkan Sampah Masker dan Plastik Jadi Karya Lukisan Apik

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 07:51 WIB
lukisan sampah
Ariel dan lukisan yang dibuatnya dari sampah (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Sampah di Kenjeran membuat pantai yang seharusnya indah menjadi tercemar. Berkaca dari itu, pelukis muda ini mempunyai ide melukis memanfaatkan sampah di Pantai Kenjeran.

Pelukis itu adalah Ariel Ramadhan (21). Limbah sampah plastik dan masker yang dipungutnya di Pantai Kenjeran ia jadikan sebuah karya lukis yang apik.

Ariel sempat memamerkan hasil karya lukisan sampahnya lewat pameran tunggal dengan tajuk 'Laut Lestari'. Pameran ini ia gelar untuk menyadarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan di laut.

Sebanyak 40 lukisan perahu terpajang dalam pameran tunggal keduanya ini. Tiga di antaranya ia lukis di atas sampah plastik dan masker.

lukisan sampahAriel dan karya lukisan sampahnya (Foto: Esti Widiyana)

Dua lukisan sampah plastik digambar di atas kain terpal bekas ukuran 180 x 120 sentimeter yang dia kerjakan akhir tahun 2020. Satu lagi ukuran 159 x 103 sentimeter yang dikerjakan pada awal tahun 2021. Sedangkan lukisan di atas masker tetap di atas kanvas dengan ukuran tak jauh berbeda dengan dua lukisan di atas kain terpal.

Ariel menjelaskan alasannya mengambil sampah plastik dan masker dari Pantai Kenjeran. Sebab, dua sampah itu lah yang paling banyak temukan di sana.

"Kebanyakan ditemukan sampah di Pantai Kenjeran. Sampah plastik banyak. Saya ambil sampah plastik tahun 2020 belum banyak sampah, 6 bulan kemudian mau syuting di sana ternyata lebih banyak sampahnya," kata Ariel kepada detikcom, Kamis (6/1/2022).

Simak video 'Ampas Kopi Disulap Jadi Sepatu Kets Keren, Emang Bisa?':

[Gambas:Video 20detik]