11 Napi Kasus Balon Udara di Ponorogo Bebas, Keluarga Menangis Histeris

Charolin Pebrianti - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 14:37 WIB
Sebelas napi kasus balon udara bebas pada Selasa (4/1/2022). Keluarga menyambut para napi dengan tangis histeris di halaman depan Rutan Ponorogo.
Napi tampak bersujud syukur/Foto: Istimewa
Ponorogo - Sebelas napi kasus balon udara bebas pada Selasa (4/1/2022). Keluarga menyambut para napi dengan tangis histeris di halaman depan Rutan Ponorogo.

Momen tersebut sempat viral di berbagai sosial media. Di dalam video berdurasi 30 detik, tampak belasan pria keluar dari Rutan, sambil membawa tas dan peralatan mereka.

Setelah keluar dari gedung Rutan, mereka tampak bersujud syukur dan memeluk kembali anggota keluarganya. Para napi tampak terharu di momen bebasnya mereka.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo, Sri Purwo Widodo mengatakan, 11 orang tersebut napi kasus balon udara.

"Iya kemarin, 11 napi balon udara sudah putus, vonis bebas. Sudah bebas murni," tutur Widodo kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Widodo menambahkan, sebelas napi tersebut sudah menjalani masa kurungan selama 5 bulan. Mereka tertangkap tangan atas kasus balon udara pada bulan puasa tahun 2021.

"Makanya kemarin pas pulang, histeris semua keluarganya, sampai sujud syukur. Karena bareng 11 orang. Jarang kan kayak gitu biasanya 1 sampai 2 orang," imbuh Widodo.

Menurutnya, 11 orang tersebut termasuk kooperatif. Diharapkan mereka bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari peristiwa tersebut.

"Mereka alhamdulillah kooperatif, berkelakuan baik, makanya bisa pulang tepat waktu, progress juga bagus, mengambil pelajaran lah," pungkas Widodo. (sun/bdh)