Omicron Masuk Jatim, Petugas Gabungan Pelototi Tempat Wisata Lamongan

Omicron Masuk Jatim, Petugas Gabungan Pelototi Tempat Wisata Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 12:36 WIB
Petugas Gabungan Ekstra Ketat Awasi Prokes di tempat wisata lamongan
Tempat wisata di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Tempat wisata di Lamongan mulai menggeliat membuat petugas gabungan ekstra ketat memelototi pengunjung. Pasalnya, omicron sudah masuk Jawa Timur. Pengawasan dilakukan sejak kendaraan masuk hingga pengunjung masuk ke pintu gerbang lokasi wisata.

Petugas gabungan dari Kecamatan Paciran memelototi penerapan protokol kesehatan, terutama masker di Wisata Bahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo dan Goa serta di wisata religi Sunan Drajat.

"Kami memberikan pemahaman bagi pengunjung yang abai tidak menaati prokes. Terkait protokol kesehatan ini kami tidak akan pernah melonggarkan, " kata Kapolsek Paciran, Iptu Achmat Purnomo kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

Purnomo mengungkapkan, pengawasan dilakukan sejak turun dari kendaraan, Jalan Daendels yang ada di depan WBL, termasuk pengunjung yang hendak masuk pintu gerbang WBL sudah dilirik petugas gabungan.

Polisi, jelas Purnomo, tidak bermaksud mencurigai mereka akan berbuat jahat. Namun memberikan pemahaman bagi pengunjung yang abai tidak mentaati prokes.

"Kami tidak memberikan sanksi bagi mereka yang kedapatan tidak menaati prokes, seperti tidak memakai masker ataupun memakai masker tapi tidak semestinya. Tapi petugas memberikan pemahaman sekaligus memberi masker," ujarnya.

Dia menambahkan, wilayah Paciran menjadi perhatian karena banyak warga yang mendatangi tempat wisata. Baik dari dalam maupun luar kota Lamongan.

"Saat ini masih pandemi karena COVID-19 masih ada sehingga harus ekstra dengan menjaga prokes secara ketat, agar tidak ada penyebaran virus COVID-19 klaster wisatawan," imbuhnya.

Purnomo bersyukur tidak banyak ditemukan pengunjung yang abai. Hanya saja, ada pengunjung yang memakai masker tidak benar seperti diletakkan di dagu dan juga ada yang dilepas sehingga perlu diingatkan.

"Ini adalah bagian dari patroli cipta kondisi, dan kita juga bagi - bagi masker untuk pengunjung lokasi wisata," pungkasnya. (fat/fat)