Vaksin Merah Putih Disebut Bisa Netralisir Omicron

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 19:21 WIB
Menkes Sebut Vaksin Merah Putih juga Disiapkan untuk Booster dan Anak-anak
Foto: Istimewa (Dok Humas Unair)
Surabaya - 2 Orang teridentifikasi positif COVID-19 varian omicron teridentifikasi di Surabaya. Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair) disebut bisa menetralisir varian Omicron.

"Kami masih percaya vaksin yang kita desain bisa menetralisir itu (Omicron)," kata Ketua Peneliti Vaksin Merah-Putih di Unair, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam saat dihubungi detikcom, Senin (3/1/2022).

Kenapa merah putih bisa menetralisir ini? menurut Prof Fedik karena ada kandungan 4 protein. Vaksin buatan dalam negeri ini memiliki 4 protein yang bisa menetralisir. Yaitu spike, Receptor Binding Domain (RBD), nukleoprotein, membran protein, semuanya adalah antibodi yang menetralisir.

"Sehingga kami tidak khawatir dengan Omicron ini," tambahnya.

Menurutnya, Omicron ini juga menyebar banyak ke negara persemakmuran, termasuk Afrika Selatan, Bangladesh, Libia, hingga Singapura.

"Dari situ memang penularan cepat karena mudah adaptasi. Banyak menular, tapi belum diperhatikan. Sehingga mudah menginfekasi orang lain tapi tidak menimbulkan keganasan," urainya.

"Jadi karena sudah kami lakukan uji tantang dengan Delta dan B1 aman, ini (Omicron) bisa lebih aman. Vaksin tidak mencegah virusnya masuk, tidak. Tapi vaksin memproduksi antibodi," pungkasnya. (fat/fat)