Ini Gejala Dua Pasien Omicron yang Dirawat di Rumah Sakit Surabaya

Ini Gejala Dua Pasien Omicron yang Dirawat di Rumah Sakit Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 09:45 WIB
Jumlah Kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini 3 Faktanya
Ilustrasi/Foto: BBC Magazine
Surabaya - Kasus COVID-19 varian Omicron sudah masuk ke Jawa Timur. Dua pasien asal Surabaya dinyatakan terpapar Corona varian Omicron. Lalu apa gejala mereka?

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dr Erwin Astha Triyonno mengatakan, pasien berinisial TYC tersebut mengalami keluhan pada tenggorokan sebelum akhirnya melakukan swab dan dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron.

"Pasien ini mengalami keluhan pada tenggorokan yaitu merasakan seperti ada lendir," kata Erwin dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Erwin menjelaskan, saat ini pasien pertama asal Jatim yang terpapar Omicron itu dirawat di salah satu rumah sakit. Saat ini, kondisinya tengah stabil dan baik-baik saja.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Tetap Digelar Meski 2 Kasus Omicron Terdeteksi di Surabaya

Sebelumnya diketahui, kasus pertama Omicron ini terdeteksi seorang warga Surabaya berinisial TYC yang baru saja berlibur ke salah satu tempat wisata di Indonesia selama 5 hari bersama suaminya berinisial SJJ menggunakan kendaraan pribadi.

"Dinkes Jatim telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan whole-genome sequencing (WGS) yang keluar pada tanggal 2 Januari 2022," kata Kadinkes Jatim Erwin Astha Triyono dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (2/1/2022).

Erwin mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang.

"Yang terpenting segera melakukan vaksinasi COVID-19 terutama untuk kelompok rentan dan lansia serta tidak perlu bepergian ke luar daerah jika tidak mendesak, serta terus tegakkan protokol kesehatan dan tim di lapangan memperkuat tracing, treatment, dan testing," tandasnya.

Lihat juga Video: Prediksi Covid-19 Tahun 2022: Angka Infeksi Meningkat Tajam

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)