Menhub Tinjau Kesiapan Bandara Juanda Jelang Kedatangan TKI

Menhub Tinjau Kesiapan Bandara Juanda Jelang Kedatangan TKI

Suparno - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 21:13 WIB
menhub budi karya sumadi sidak terminal bungurasih dan bandara juanda jelang kedatangan tki
Menhub tinjau kesiapan Bandara Juanda (Foto: Suparno/detikcom)
Surabaya -

Menhub Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara Internasional Juanda menjelang kedatangan Pekerjaan Migran Indonesia (PMI)/TKI dari luar negeri. Areal holding bay, area pengisian form dan dokumen screening penumpang, serta pemeriksaan dokumen kesehatan dan tempat pengambilan swab PCR, dipelototi.

Ini dilakukan mengantisipasi penyebaran Omicron di wilayah Jatim. Sekaligus menindaklanjuti rencana dibuka penerbangan internasional dari Bandara Juanda, khususnya bagi para PMI,

"Dengan penyebaran Omrcron kita harus esktra hati hati, saya sebagai Menhub diberikan tugas penanganan kedatangan PMI dari luar negeri," jelas Menhub Karya Sumadi saat di Bandara Juanda bersama GM Bandar Juanda Sisyani Jaffar, Jumat (31/12/2021).

Dia menjelaskan, sekitar 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTB. Untuk itu, menurut Menhub, akan lebih baik jika Bandara Juanda dibuka untuk melayani para PMI.

Sementara kedatangan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, per harinya mencapai 3.000 - 4.000 orang. Selain mengecek kesiapan Bandara Juanda, Menhub juga meninjau kesiapan tempat karantina.

"Paling tidak mesti disiapkan kurang lebih 1.500 kamar. Jadi bisa menampung sekitar 100 hingga 150 orang untuk melakukan karantina 10 hari," ujarnya.

Adapun Pangdam V Brawijaya Nurcahyanto menyatakan siap mendukung rencana dibukanya Bandara Juanda untuk melayani para PMI dari luar negeri.