RTH di Banyuwangi Ditutup saat Malam Tahun Baru

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 14:55 WIB
RTH di Banyuwangi Ditutup saat Malam Tahun Baru
RTH di Banyuwangi ditutup saat malam Tahun Baru (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Seluruh Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Banyuwangi akan ditutup saat perayaan Malam Tahun Baru 2022. Tak hanya itu, di pusat kota juga akan dilakukan penyekatan guna mencegah terjadinya konvoi maupun kerumunan masa.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, pihaknya bakal menutup seluruh ruang terbuka hijau (RTH) di Banyuwangi. Baik di kota maupun wilayah kecamatan se-Banyuwangi.

"Kita sudah instruksikan jajaran di bawah agar melakukan pengamanan dan penutupan di seluruh RTH," ujarnya kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).

Pihaknya juga akan melakukan penyekatan di pusat kota, termasuk pengawasan ketat di sejumlah mall yang biasanya penuh sesak saat malam Tahun Baru.

"Penyekatan akan kita lakukan pada hari Jumat 31 Desember 2021 mulai pukul 19.00 WIB, Mal maupun pusat-pusat perbelanjaan lainnya akan kita awasi secara ketat," tegasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melarang adanya pesta kembang api saat malam tahun baru. "Semuanya kita larang melakukan pesta kembang api. Termasuk hotel-hotel kita larang," ujar Nasrun.

Sementara untuk pengamanan di Pelabuhan ASDP Ketapang, seluruh warga yang hendak menyebrang ke Bali wajib melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 serta bukti sudah disuntik vaksin dosis kedua.

"Bagi yang belum vaksin, akan kita vaksin di tempat. Kita sudah sediakan pos pelayanannya," kata Nasrun.

Seluruh kebijakan itu, kata Nasrun, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, tidak boleh ada perayaan Tahun Baru 2022 yang bisa menimbulkan kerumunan masa. Hal ini semata-mata untuk mengantisipasi penularan COVID-19 maupun varian baru Omicorn.

"Jadi sudah jelas tidak boleh ada perayaan malam Tahun Baru yang sifatnya mendatangkan masa banyak," tambahnya.

Untuk itulah, tim gabungan akan melakukan penutupan di sejumlah titik yang berpotensi jadi tempat berkumpul masa saat malam Tahun Baru.

Nasrun meminta masyarakat agar bisa memaklumi dan mematuhi aturan tersebut, mengingat ini demi kebaikan masyarakat sendiri.

Terlebih saat ini, virus varian baru Omicron sudah masuk ke Indonesia dan menjangkit puluhan orang. "Lebih baik habiskan malam tahun baru bersama keluarga di rumah. Sayangi diri dan keluarga anda," tutup Nasrun.

(fat/fat)