Persatuan Dukun di Banyuwangi Gelar Ritual Ini Demi Indonesia Juara AFF

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 18:28 WIB
Ketua Perdunu Abdul Fatah Hasan
Ketua Perdunu Abdul Fatah Hasan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Mendoakan Timnas Indonesia yang berjuang dalam final Piala AFF 2020, Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) menggelar ritual khusus. Ritual itu bernama Samar Wulu, untuk mendoakan kemenangan Tim Garuda melawan Thailand.

Selain itu ritual dianggap bentuk dukungan sebagai warga Indonesia saat membela putra terbaiknya berlaga di kancah Asean.

Ketua Perdunu Abdul Fatah Hasan menyatakan, pihaknya sengaja menggelar ritual agar tim yang Dilatih Shin Tae-yong menang melawan Thailand di leg pertama final AFF 2020.

"Intinya teman-teman berharap betul Tim Nasional Indonesia bisa menang. Kita akan bikin ritual," ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Ritual yang akan dilakukan Perdunu adalah Ritual Samar Wulu. Ritual ini digelar menjelang magrib atau orang jawa menyebutnya saat surup.

"Ada ritual khusus, ritualnya ritual Samar Wulu. Itu dikhususkan untuk tolak balak dan mendoakan kemenangan timnas," tegasnya.

Ritual ini akan digelar di Kedaton Perdunu yang merupakan Kantor Pusat Perdunu. Ritual ini hanya dilakukan di kantor pusat karena mengingat pertandingan final Piala AFF 2020 yang berlangsung ini merupakan even sepak bola skala besar.

Lihat juga Video: Para Menteri Jokowi Doakan Timnas Indonesia Menang Lawan Thailand

[Gambas:Video 20detik]