Usia Produktif Rentan Nyeri Sendi, Tiap Minggu 4-5 Pasien Berobat di Surabaya

Usia Produktif Rentan Nyeri Sendi, Tiap Minggu 4-5 Pasien Berobat di Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 10:57 WIB
Dokter Spesialis Ortopedi RS PHC Surabaya Dr dr Taufin Warindra SpOT (K)
Tim dokter orthopedi RS PHC Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - Nyeri persendian atau tulang banyak dialami seseorang di usia 20 hingga 40 tahun. Kebanyakan pasien yang datang dengan keluhan nyeri lutut, pinggul, panggul hingga tulang bengkok. Dalam setahun ada 200 pasien yang menjalani pengobatan atau tiap minggu ada 4 pasien.

Tim Dokter Spesialis Ortopedi RS PHC Surabaya Dr dr Taufin Warindra SpOT (K) nenyebut, kebanyakan pasien datang dengan keluhan nyeri lutut, pinggul, panggul hingga keluhan tulang yang bengkok.

"Rasa sakit pada tulang dan persendian dapat membatasi aktivitas dan menurunkan kualitas hidup seseorang, untuk itu pengobatan harus dilakukan agar keluhan nyeri itu bisa ditangani," kata Tim Dokter Spesialis Ortopedi RS PHC Surabaya Dr dr Taufin Warindra SpOT (K) kepada detikcom di Orthopedic Center, Rabu (29/12/2021).

Dia mengatakan, bila seseorang mengalami nyeri, kehilangan ruang gerak sendi ataupun mengalami kelainan tulang bengkok, harus segera memeriksakan diri ke dokter.

"Nyeri kalau diobati satu kali tidak sembuh, ya harus diperiksakan ke dokter. Saat ini untuk mengatasi nyeri pada sendi dan tulang tidak harus operasi banyak metode lain yang bisa dilakukan," ujarnya.

Adapun kondisi yang dapat ditangani di Orthopedic Center RS PHC Surabaya meliputi operasi kasus tulang biasa hingga pergantian lutut (Total Knee Replacement) dan penanganan Sport Injury ACL dan MCL. Pertahunnya RS PHC bisa menangani 200 kasus pergantian bantalan lutut dan tulang pinggul (tulang hip).

Untuk membantu mengatasi masalah persendian dan tulang, khususnya di wilayah Surabaya timur dan utara, RS PHC Surabaya mengoperasikan Pusat Unggulan Bidang Ortopedi atau Orthopedic Center. Orthopedic Center berkonsep one stop healthcare service ini diharapkan dapat membantu pasien menangani permasalahan terkait tulang, sendi atau jaringan ikat dengan lebih optimal, cepat dan nyaman bagi pasien.

"Orthopedic Center RS PHC Surabaya hadir menyediakan pelayanan terpadu mulai dari diagnosis, perawatan hingga rehabilitasi medis baik untuk orang dewasa dan anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan pada tulang, sendi atau jaringan ikat," jelasnya.

Sementara Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra (PHC), Abdul Rofid Fanany mengatakan, layanan baru hadir lebih dekat untuk menyediakan fasilitas dan pelayanan kesehatan bermutu tinggi berkonsep healing environment, khususnya untuk orthopedic center. Pelayanan masing-masing sisi menghadap taman, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap psikis pasien.

"Orthopedic Center RS PHC Surabaya sendiri didukung oleh 3 dokter spesialis ortopedi berpengalaman," ujarnya.

Untuk diketahui, layanan juga ditunjang dengan peralatan diagnosa canggih seperti CT Scan 128 Slices dan MRI, serta layanan dilengkapi dengan dua ruang periksa, satu ruang tindakan, satu ruang live view surgery hingga tempat tunggu pasien dan pengantar yang nyaman.

Simak juga 'Wanita Cantik Ahli 'Bongkar' Tulang dan Sendi':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)