Kawanan Monyet Rusak Kebun Jagung di Mojokerto Sejak November 2021

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 22:03 WIB
Kawanan monyet menyerang lahan pertanian milik warga di Dusun Jublangsari, Desa Simongagrok, Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto. Puluhan monyet merusak tanaman jagung sejak akhir November lalu.
Kebun jagung di Mojokerto yang dirusak kawanan monyet/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
"Harapan saya kalau bisa dibantu kerugian kami. Kalau untuk mencegah secara permanen sulit, pernah saya pasang jaring, dirusak jaringnya," tambahnya.

Tokoh Masyarakat Dusun Jublangsari, Paidi menuturkan, kebun jagung yang dirusak kawanan monyet liar di kampungnya milik 10 orang. Luasan kebun mulai 1.400 meter persegi sampai hampir 1 hektare.

Kebun-kebun jagung itu persis di sebelah utara Hutan Kalisongo dan Banyubanger yang menjadi habitat kera liar. Rata-rata kerusakan setiap kebun sekitar 25 persen. Kerugian yang dialami para petani mencapai Rp 7,5 juta.

"Kawanan kera biasa datang pagi dan sore menyerang kebun yang tidak dijaga. Kalau dijaga, mereka pindah ke kebun lain," tuturnya.

Selain monyet liar, tambah Paidi, tikus juga menjadi hama yang merugikan para petani di Dusun Jublangsari. Menurutnya, tikus juga merusak tanaman cabai dan padi milik warga.

"Selama ini persoalan ini cukup diatasi masyarakat sendiri," pungkasnya.


(sun/bdh)