Polisi Amankan Ibu yang Buang Bayinya di Kuburan Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 27 Des 2021 13:53 WIB
penemuan bayi prematur di pasuruan
Polisi telah mengamankan ibu yang membuang bayinya di kuburan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Polisi mengamankan ibu pembuang bayi prematur di Makam Desa Watulumbung, Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Ironis, pelaku masih berumur 15 tahun.

"Tadi malam kita lidik dan mendapatkan informasi tentang ibu bayi, lalu kita amankan," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Adhi Putranto Utomo, Senin (27/12/2021).

Ibu bayi itu berinisial T berusia 15 tahun dan masih berstatus pelajar. Rumahnya tak jauh dari lokasi penemuan bayi.

"Dia baru melahirkan, masih lemas, masih dirawat. Belum bisa diminta keterangan. Statusnya masih saksi," jelasnya.

Adhi mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui ayah bayi yang dibuang itu.

"Cowoknya belum diamankan masih pengembangan. Diduga ia juga masih di bawah umur dan warga setempat," jelas Adhi.

Diberitakan sebelumnya, sosok bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan warga tengah menangis di Makam Bujuk Karjeleg Desa Watulumbung, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Minggu (26/12/2021) pukul 07.30. Warga bernama Keswono (39) menemukan bayi itu saat memperbaiki makam saudaranya.

Kapolsek Lumbang AKP Nanang Abidin menjelaskan bayi yang ditemukan diduga baru dilahirkan kemudian ditinggalkan orang yang tak bertanggung jawab di makam. Berat bayi itu 2 kilogram, panjang 41 sentimeter, dengan lingkar kepala 29 centimeter dan lingkar lengan 8 sentimeter.

"Bayi itu dibawa ke RSUD Grati untuk mendapatkan perawatan karena bidan khawatir tak bisa menangani sebab bayi itu prematur. Tetapi pada akhirnya bayi itu dirujuk ke RSUD Bangil," terang Nanang. (iwd/iwd)