Gus Ipul Terjunkan Tim Reaksi Cepat Atasi Belasan Pohon Tumbang di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 21:42 WIB
pohon tumbang di pasuruan
Salah satu pohon yang tumbang di Kota Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Kota Pasuruan - Hujan lebat disertai angin kencang menumbangkan belasan pohon besar di Kota Pasuruan. Peristiwa ini juga menyebabkan bangunan dan jaringan listrik rusak serta jalan tertutup pohon.

Wali Kota Pasuruan Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) langsung menerjunkan tim reaksi cepat BPBD Kota Pasuruan ke berbagai titik usai hujan reda. Tim langsung membantu melakukan pembersihan dan pemotongan pohon tumbang.

"Tim juga membantu melakukan pembersihan dari dampak bencana. Saat ini, tim masih bekerja," kata Gus Ipul, Minggu (26/12/2021).

Hujan lebat disertai ingin kencang melanda Kota Pasuruan mulai pukul 13.30 WIB. Peristiwa yang berlangsung sekitar 1 jam ini berdampak serius.

Pohon besar tumbang di 12 titik, mulai jalan nasional jalur pantai utara maupun di jalan dalam kota. Beberapa pohon tumbang melintang di tengah jalan dan menyebabkan kemacetan. Di tempat lain merusak dan memutus jaringan listrik.

Satu pohon tumbang di Jalan Lombok, Kecamatan Panggungrejo menimpa mobil yang tengah diparkir. Pohon beringin berusia 40 tahun di SMA 2 Pasuruan tumbang menimpa ruas kelas hingga hancur.

Hujan angin juga menyebabkan tenda dan properti di Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru di alun-alun porak-poranda. Angin yang menerjang pos pelayanan ini membuat para petugas berhamburan keluar.

"Anginnya memang sangat kencang. Kami menghimbau masyarakat Kota Pasuruan untuk selalu waspada saat berkendara di musim hujan," paparnya.

Sementara jaringan listrik di beberapa titik yang sempat rusak sudah diperbaiki. Listrik kawasan Kelurahan Sekargadung dan Bakalan dan lainnya sudah pulih.

"Alhamdulillah tak ada korban jiwa dalam peristiwa tadi," pungkas Gus Ipul. (iwd/iwd)