17 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterjang Angin Kencang, Satu Dusun Terisolir

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 22:49 WIB
Hujan dan angin kencang menerjang Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Sedikitnya ada 17 rumah rusak serta puluhan pohon tumbang.
Pohon tumbang di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi - Hujan dan angin kencang menerjang Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Sedikitnya ada 17 rumah rusak serta puluhan pohon tumbang.

Angin menerjang desa tersebut sekitar pukul 15.00 WIB. Lokasi tepatnya di Dusun Sumberasih. Atau tepat di kaki Gunung Raung.

Kepala Desa Semberarum, Ali Nur Fathoni mengatakan, angin kencang terjadi saat hujan deras mengguyur desanya. "Angin dengan hujan yang deras. Angin sangat kencang membuat beberapa rumah rusak," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (25/12/2021).

Angin kencang juga membuat puluhan pohon tumbang. Tak hanya itu, tiang listrik yang berada di desa tersebut juga roboh. Pohon yang tumbang juga ada yang menimpa rumah warga. Angin juga menerbangkan sebagian atap rumah warga.

"Banyak pohon roboh dan atap rumah juga terbang. Ada juga atap rumah yang tertimpa pohon," tambahnya.

Dalam data yang diterima dari satgas bencana desa, sebanyak 17 rumah rusak ringan. Meski begitu, total kerugian mencapai Rp 30 juta. Sementara satu dusun masih terisolir karena adanya pohon tumbang. Tak hanya itu, listrik di dusun tersebut juga masih padam.

"Ada 17 rumah dan total kerugian sekitar Rp 30 juta," tambahnya.

Sejak sore, kata Ali, pihaknya telah melakukan kerja bakti untuk melakukan pembersihan beberapa rumah yang rusak. Sementara untuk tiang listrik yang patah sudah dilaporkan ke PLN setempat.

"Kita tadi memotong sendiri pohon yang sudah roboh melintang di jalan. Besok akan kita lanjutkan kerja bakti massal di lokasi," pungkasnya. (sun/bdh)