Bakso Manjakan Lidah Korban Erupsi Semeru yang 2 Pekan Makan Nasi Bungkus

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 17:39 WIB
Puluhan pedagang membagikan 10.000 porsi bakso ke korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Para pedagang itu tergabung dalam Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) Indonesia.
Korban erupsi Gunung Semeru sedang menikmati bakso/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang - Puluhan pedagang membagikan 10.000 porsi bakso ke korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Para pedagang itu tergabung dalam Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) Indonesia.

Kegiatan tersebut dilakukan para pedagang bakso untuk membantu warga yang terdampak erupsi Semeru, yang kini harus mengungsi. Tampak para pedagang sibuk menyiapkan bakso gratis tersebut.

"Pemberian bantuan 10.000 porsi bakso gratis ini sebagai bentuk empati kami sebagai pedagang bakso, melihat saudara yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ujar Koordinator Papmiso, Bambang kepada detikcom, Rabu (22/12/2021).

Para pengungsi mengaku senang mendapat bakso gratis tersebut. Lantaran selama 2 pekan di posko pengungsian, mereka belum pernah makan bakso. Sehari-hari, para pengungsi hanya menikmati nasi bungkus dari dapur umum.

"Selama mengungsi belum pernah makan bakso. Biasanya makan nasi bungkus," ujar salah satu pengungsi, Hosiyah.

Para pengungsi juga merasa cocok dengan rasa bakso yang disajikan. Mereka tak butuh waktu lama untuk menghabiskan bakso tersebut.

"Rasa baksonya enak. Selama 2 minggu mengungsi di sini belum pernah makan bakso. Biasanya makan ayam, telur, tempe," ujar pengungsi yang lain, Kunaini.

Bantuan 10.000 porsi bakso gratis ini dibagi di 4 titik posko pengungsian. Yakni di SMPN 1 Candipuro, SMPN 1 Penanggal, posko pengungsian Desa Sumber Mujur serta Lapangan Penanggal. (sun/bdh)