Lokasi Temuan 206 Granat Tangan Aktif di Banyuwangi Bekas Basecamp Belanda

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 12:50 WIB
Lokasi Temuan 206 Granat Tangan di Banyuwangi Adalah Basecamp Belanda Pada Masa Penjajahan
Lokasi penemuan granat tangan aktif (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Lokasi penemuan 206 granat tangan aktif di perkebunan PTPN XII Sumber Jambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, rupanya bukan tempat sembarangan. Meski lokasinya di tengah tanaman karet, tempat itu ternyata punya nilai sejarah.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi mengatakan, masyarakat mengenal wilayah tersebut adalah lokasi bascamp pasukan Belanda pada masa penjajahan. Selain Belanda, lokasi itu juga digunakan Jepang.

"Di situ, katanya dulu ada basecamp Belanda atau Jepang," papar Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi kepada detikcom, Selasa (21/12/2021).

Oleh karena itu, banyak para pemburu barang antik datang ke lokasi tersebut. Biasanya, para pencari benda kuno itu mencari dengan pendeteksi logam. Termasuk yang digunakan warga yang menemukan 206 benda yang diduga granat.

"Jadi yang menemukan itu 3 orang yang sedang mencari uang kuno," ungkap Kapolsek Pesanggaran.

Saat berada di lokasi, alat pencari harta karun berbunyi. Itu sebuah tanda ada benda logam yang tertimbun di tanah.

"Mereka langsung menggali tanah di lokasi itu. Bukannya uang logam kuno yang ditemukan, para pemburu harta karun justru menemukan ratusan benda mirip granat," tambah perwira polisi ini.

Karena takut, benda-benda itu kemudian ditimbun lagi di kedalaman 1 meter. Penemuan itu kemudian dilaporkan ke Babinsa Desa Kandangan dan diteruskan Polsek Pesanggaran.

Kini, tim Gegana Polda Jatim telah melakukan pemusnahan 206 granat tangan peninggalan masa penjajahan tersebut. Pemusnahan dilakukan agak jauh dari lokasi penemuan, Senin sore (20/12/2021) itu dipimpin Iptu Agus Hariono dari Tim Gegana Polda Jatim. (fat/fat)