Korban Erupsi Semeru di Kajar Kuning dan Curah Kobokan Tolak Lokasi Relokasi

M Rofiq - detikNews
Senin, 20 Des 2021 14:23 WIB
Korban erupsi Semeru di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan menolak relokasi. Mereka menilai, tempat baru masih kurang aman dan tidak sesuai harapan.
Banner penolakan lokasi relokasi/Foto: M Rofiq/detikcom
"Juga lokasinya masih kurang aman dari ancaman dari Gunung Api Semeru. Kami berharap ada dialog dengan Bupati Lumajang, agar lokasi relokasi yang didambakan korban erupsi Semeru, sesuai dengan harapan. Buat apa direlokasi kalau masih kurang aman dan bahaya," imbuhnya.

Sementara Subati berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang bisa mendengar keluhan dan harapan mereka. Lalu duduk bersama untuk menentukan lokasi relokasi.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang dan bapak-bapak dari dinas terkait bisa mendengar keluhan dan perasaan kami, para korban keganasan awan panas guguran Gunung Semeru. Mari rembuk dan masalah yang kami alami, beri kami relokasi perumahan dan permukiman yang lebih baik dan layak untuk memulai kehidupan barunya nanti," kata Subati.

Lokasi relokasi yang disepakati yakni di Desa Oro-oro Ombo. Yang dinilai sebagai tempat aman dan telah memenuhi berbagai aspek dan pertimbangan pemerintah. Juga di Desa Sumber Mujur.


(sun/bdh)