Bahan Baku Pesawat STOL yang Dibuat Suyanto Didatangkan dari Luar Negeri

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 18 Des 2021 21:02 WIB
pesawat stol
Pesawat STOL buatan Suyanto (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Dana sebanyak Rp 600 juta dihabiskan Suyanto untuk membuat pesawat jenis STOL. Bahan pembuatan pesawat ini didatangkan dari luar negeri.

Pria warga Lamongan ini mengatakan bahan pembuat pesawat diaku Suyanto tidak sulit untuk didatangkan. Karena ia punya teman di sana yang siap membantunya.

"Saya mengambil dari teman di luar negeri dan dia siap membantu. Saya dapat kemudahan, membayar jika barang yang saya pesan datang," ujar Suyanto kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Suyanto menambahkan ia mulai membangun pesawat terbang yang ia bawa ke Lamongan ini sejak 2018. Dan saat ini tinggal dilakukan perbaikan kecil karena terdapat kerusakan sedikit saat membawa pesawat tersebut dengan truk dari Ciamis ke Lamongan. Setelah selesai, Suyanto mengaku akan berkomunikasi dengan Federasi Aerosport Indonesia (FASI) untuk langkah selanjutnya.

"Sekarang ini sudah selesai. Tinggal kerusakan kecil saat membawa pakai truk ke Lamongan. Setelah ini kita akan berkomunikasi dengan Federasi Aerosport Indonesia (Fasi) untuk langkah selanjutnya," kata Suyanto.

Untuk pesawat terbang yang sudah ia rakit sebelumnya yang saat ini sudah ada di Ceko, Suyanto mengaku jika ia hanya merakit dan mengirimkannya kembali ke pemiliknya yang adalah salah satu dealer pesawat terbang di Ceko dan ia mendapat gaji atas hasil kerjanya merakit pesawat tersebut.

"Untuk yang di sana (Ceko) sudah lama sekali dan saya kira sudah terbang karena tidak ada keluhan dari dealernya," jelasnya.

Saat ini, pesawat buatan Suyanto masih ramai menjadi kunjungan warga. Beberapa warga yang penasaran dengan pesawat jenis STOL datang langsung ke halaman rumah Suyanto di Modo, Lamongan untuk melihat secara langsung. Suyanto juga sudah memasang tenda dan memberi garis batas agar warga tidak terlalu dekat dengan pesawat tersebut. (iwd/iwd)