Datang ke Lumajang, Mahfud Md Pimpin Salat Gaib untuk Korban Semeru

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 23:41 WIB
Mahfud Md ke lokasi erupsi semeru
Mahfud Md salat gaib mendoakan korban erupsi Semeru (Foto: Dok. Mahfud Md)
Lumajang - Menkopolhukam Mahfud Md mengunjungi Lumajang untuk meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungan ini, Mahfud menyempatkan diri memimpin salat gaib untuk korbang erupsi Gunung Semeru, di Masjid Agung Lumajang.

"Saya bersama warga kota Lumajang dan Bapak Bupati Thoriqul Haq baru saja melaksanakan Sholat Gaib untuk korban erupsi Gunung Semeru. Semoga arwah para korban erupsi diterima di sisi allah dan diampuni segala kesalahannya," kata Mahfud dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (17/12/2021).

Setelah memimpin salat gaib, Mahfud langsung menuju tempat relokasi untuk pengungsi erupsi Gunung Semeru. Mahfud menandai lahan relokasi korban erupsi Gunung Semeru dengan mencangkul lahan, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Di atas lahan seluas 81,55 hektar tersebut, Mahfud menyebut akan segera dibangun sekitar 2.000 unit hunian sementara dan hunian permanen bagi para pengungsi.

"Saya ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat yang selama ini bantuannya telah banyak mengalir ke sini seperti Gus Miftah, saya juga membawa beberapa teman pengusaha. Insyaallah nanti semua akan bekerja dengan baik," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan alasan kenapa pengungsi erupsi Gunung Semeru segera direlokasi. Agar, ribuan warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang saat ini tersebar di berbagai lokasi pengungsian, segera ditata lebih baik dengan dipindahkan ke tempat yang memadai. Di tempat relokasi yang baru, Mahfud memastikan akan dilengkapi fasilitas yang layak serta memenuhi standar kesehatan.

Dirinya juga mengapresiasi langkah cepat Bupati Lumajang dan semua pemangku kepentingan, yang telah bahu membahu dan kompak dalam penanganan bencana.

"Alhamdulilah pemerintah, Pemda dan Kabupaten telah bekerja keras dan mendapat tanah seluas 80-an hektar ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Mahfud juga membawa beberapa donatur dari kalangan dunia usaha untuk menyerahkan bantuan korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kita harus bangga sebagai bangsa yang punya modal sosial punya semangat kebersamaan dan saling menyemangati serta saling memberi bantuan ketika tertimpa musibah," ujarnya.

Bantuan berupa kebutuhan pokok, paket sembako, berbagai paket pakaian dan uang tunai, diterima langsung Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

"Saya ucapkan terima kasih atas kepeduliannya kepada masyarakat Lumajang yang sedang terdampak erupsi Semeru, terima kasih bapak Menko Polhukam dan rombongan yang telah hadir di Lumajang," tandas Thoriq. (iwd/iwd)