Curhat Pengungsi Semeru ke Wapres Minta Segera Tempati Rumah Relokasi

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 13:32 WIB
Gunung Semeru kembali erupsi. Wapres Maruf Amin pun batal mengunjungi posko pengungsian di Gunung Semeru. Agenda kunjungan diganti dengan teleconference.
Warga saat teleconference dengan Wapres Ma'ruf Amin (Foto: M Rofiq)
Lumajang - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dicurhati warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Mereka berharap rumahnya segera dibenahi atau direlokasi agar bisa segera ditempati.

Curhat ini disampaikan warga saat teleconference. Sebelumnya, Ma'ruf dijadwalkan mengunjungi langsung masyarakat terdampak di Desa Menanggal, Kecamatan Candipuro dan ke Kampung Renteng, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Namun, agenda ini gagal karena Semeru kembali erupsi pukul 09.00 WIB.

"Rumah saya pas di belakangnya Jembatan Perak, sementara saya tidak dapat menempati rumah karena tertimbun. Jadi saya minta untuk segera lah kita bisa menempati rumah, semoga cepat dibenahi," kata Warga Desa Sumberwuluh, Buyati saat teleconference, Kamis (16/12/2021).

Buyati juga meminta pemerintah segera membangun tanggul di sekitar Sungai Besuk Sat, agar air tidak sampai ke perkampungan.

"Untuk masalah tanggul, biar cepat ditinggikan biar tidak ke tempatnya perkampungan di sana," tambahnya.

Sementara warga lainnya, Wahyuni meminta Wapres agar relokasi hunian berada di lokasi yang dekat.

"Tempat pengungsian relokasinya jangan di Sumber Mujur, kalau bisa jangan di situ. Kalau bisa yang dekat-dekat sini saja," pintanya.