Pesawat Terbang yang Dibuat Pria Lamongan Dibeli Pemerintah Ceko

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 17:00 WIB
Warga Lamongan, Suyanto alias Heri Santoso membuat pesawat terbang. Pesawat terbang yang ia buat jenis Short Take-Off and Landing (STOL).
Pesawat STOL buatan Suyanto/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan - Warga Lamongan, Suyanto alias Heri Santoso membuat pesawat terbang jenis Short Take-Off and Landing (STOL). Pesawat buatannya dibeli pemerintah Republik Ceko.

Suyanto menuturkan, ketrampilannya dalam membuat pesawat terbang ia dapatkan saat masih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Ketika itu, Suyanto bergabung di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Alaska, Amerika Serikat.

Usai dari Amerika, Suyanto kemudian kembali ke tanah air dan menetap di kampung halaman istrinya, Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Suyanto merakit sejumlah komponen pesawat terbang yang sebelumnya ia beli dari luar negeri. Pesawat terbang yang dibuat Sutanto adalah jenis Short Take-Off and Landing (STOL).

"Selama di sana, saya sudah bisa membuat 2 pesawat terbang dan ternyata pesawat buatan saya laku dibeli pemerintah Republik Ceko," terang Suyanto saat berbincang dengan wartawan di kampung halamannya, Rabu (15/12/2021).

Suyanto tepatnya warga Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan. Ia tidak hanya membuat satu pesawat tapi 3 pesawat sekaligus.

Salah satu pesawat yang sudah rampung dikerjakan itu dibawa pulang ke kampung halamannya. "Saya mengerjakan pesawat ini di kampung halaman istri saya di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat," kata Suyanto saat berbincang dengan wartawan di kampung halamannya, Rabu (15/12/2021).

Lihat juga Video: Indonesia-Turki Sepakati Pengembangan Pesawat Terbang dan Tank

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)