Kolaborasi Dengan Golkar Institute, Sarmuji: Anak Muda Jangan Alergi Politik

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 14:33 WIB
kolaborasi Golkar Institute dengan Golkar Jatim dalam bentuk shortcourse atau kuliah singkat
Foto: Faiq Azmi
Surabaya - Ketua DPD Golkar Jawa Timur M Sarmuji menyambut baik kolaborasi Golkar Institute dengan Golkar Jatim dalam bentuk shortcourse atau kuliah singkat. Sarmuji menyebut, anak muda jangan apatis terhadap politik.

"Ini kolaborasi indah untuk mendidik anak muda agar cakap politik sekaligus mengerti bagaimana kebijakan-kebijakan publik dirumuskan. Anak muda, milenial jangan sampai apatis terhadap politik," ujar Sarmuji di Surabaya, Rabu (15/12/2021).

Sarmuji menjelaskan, dalam kuliah singkat ini, mengambil tema 'Pendidikan Politik dan Kebijakan Publik'. Anggota DPR RI komisi XI tersebut menegaskan bahwa dengan diadakannya pendidikan politik ia berharap anak-anak muda tidak lagi alergi terhadap politik.

"Kita ingin anak muda tidak alergi dengan politik karena pada dasarnya semua kehidupan diatur melalui politik. Mulai dari lahir hingga meninggal diatur melalui politik. Semisal lahir, sekolah, menikah, hingga meninggal semuanya memerlukan produk politik," ungkapnya.

Ketum IKA KAUJE ini berharap, anak-anak muda berani mewarnai dunia perpolitikan tanah air. Seperti anak-anak muda yang masih memiliki idelisme, diharapkan bisa membuka pintu selebar-lebarnya terhadap politik, dengan sudut pandang tetap pada khittahnya yaitu sebagai instrumen melayani masyarakat.

"Penting anak-anak muda untuk berani mewarnai dunia politik tanah air. Anak-anak muda yang memiliki idealisme tinggi layak dibukakan pintu selebar-lebarnya agar politik tetap terjaga khittahnya yaitu sebagai instumen melayani masyarakat dan pintu Golkar sudah terbuka untuk anak-anak muda," tegas Sarmuji.

Sementara itu Ketua Golkar Institute Ace Hasan Syadzili menyebut, pasca reformasi, partai politik sebagai pilar utama demokrasi. Untuk itu pengutan partai politik sangat penting untuk memastikan pengelolaan negara sesuai dengan kehendak rakyat.

"Kerena kita sekarang telah memilih demokrasi sebagai sistem politik kita maka penguatan partai politik begitu penting untuk memastikan bahwa pengelolaan negara kita harus sesuai dengan kehendak rakyat," ujar Ace.

Antusiasme anak muda di Jawa Timur untuk mengikuti Program Golkar Institute tentu menggembirakan bagi Golkar Institute. Ace memandang bahwa pendidikan politik sejatinya bukan bagi orang yang sudah di politik, tetapi diperuntukkan bagi orang di luar politik namun memiliki ketertarikan terhadap politik.

"Saat ini tidak ada jabatan publik yang tidak melalui proses politik. Orang mau menjadi Bupati, wali kota, gubernur, menteri, presiden, bahkan KPK pun tidak lepas dari partai politik. Untuk itu penguatan partai politik menjadi sangat penting," ungkap Ace.

Lebih lanjut, anggota komisi VIII DPR RI menegaskan bahwa dengan berdirinya Golkar Institute yang mempunyai tema penguatan partai politik diharapkan tetap pada jalur saintifik dan akademik.

"Golkar institute dirancang oleh Partai Golkar kita objektif berusaha untuk berkelanjutan dengan skema akademik dan tema yang ditampilkan, diarahkan bagaimana memastikan agar berpartai politik tetap pada jalur saintifik dan akademik," pungkas Ace.

Program Golkar Institute di Jatim akan berlangsung pada 14-16 Desember 2021.

(fat/fat)