Asyik ... Jerapah di Kebun Binatang Surabaya Kini Tak Lagi Jomblo

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 13 Des 2021 10:09 WIB
Jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya memiliki pasangan. Itu setelah 8 tahun menjomblo. Jerapah jantan bernama Moritz kini ditemani sang betina, Wella.
KBS tambah koleksi satwa (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya memiliki pasangan. Itu setelah 8 tahun menjomblo. Jerapah jantan bernama Moritz kini ditemani sang betina, Wella.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binantang Surabaya, Agus Supangkat mengatakan, ada sejumlah penambahan satwa di KBS hasil dari kerja sama dengan Jawa Timur Park.

"Kami melakukan kerja sama dengan Jatim Park, kami terima 8 jenis satwa. Salah satunya jerapah, koleksi jerapah di bonbin sudah 8 tahun jomblo, nah tahun ini dapat pasangan," kata Agus saat dikonfirmasi, Senin (13/12/2021).

Agus menyebut dari 8 jenis satwa ini, jumlahnya total ada 21 hewan hasil kerja sama dengan Jatim Park.

"Lalu ada Singa Afrika, puma, Rakun (Musang), dan lainnya, jumlahnya 8 jenis dan satwa populasinya 21 satwa," imbuh Agus.

Selain menerima 21 satwa dari Jatim Park, pihak PDTS Kebun Binantang Surabaya juga mengirimkan 21 satwa, di mana 6 merupakan hasil breeding.

"Kemudian kita kirim ke Jatim Park untuk breeding ada 6 jenis satwa, ada bekantan, babi rusa, walabi, komodo, rusa bawean, celeng goteng," ungkap Agus.

Sebelum menempati kandang peraga, Agus menambahkan para satwa sudah dikarantina selama dua minggu. Tim dokter PDTS Kebun Binantang Surabaya juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Satwa-satwa itu sudah menjalani masa karantina dengan tujuan untuk pemeriksaan kesehatan, pengamatan, dan supaya mereka bisa adaptasi dengan lingkungan baru," tandas Agus.

Menurut Agus, kerjasama dengan Jatim Park ini berstatus peminjaman dengan jangka waktu dua tahun. Dengan tambahan koleksi satwa, kini jumlah koleksi satwa di PDTS KBS berjumlah 2.200 satwa yang terdiri dari 218 jenis satwa.

(fat/fat)