Rapala Banyuwangi Makin Mantap Dibekali Kemampuan SAR

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 17:00 WIB
Rapala Banyuwangi Makin Mantap Dibekali Kemampuan SAR
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Anggota Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) lebih siap ikut serta dalam upaya penjagaan laut nusantara. Itu setelah mengikuti pelatihan selama 10 hari. Pelatihan tersebut menitikberatkan peningkatan kemampuan search and rescue (SAR) di perairan.

Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama (Inhuker) Bakamla RI, Laksda I Putu Angga S menutup acara yang digelar selama 10 hari di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Sabtu (11/12/2021). Hadir pula Direktur PT Bumi Suksesindo, Boyke Abidin, yang mendukung kegiatan acara ini.

"Rapala ini penting sekali. Tanpa ada peran serta masyarakat sulit kita mengamankan wilayah perairan kita," ujar I Putu Arya Angga S kepada detikcom.

Putu Arya Angga menambahkan, rakyat adalah kata kunci karena keterbatasan yang dimiliki pemerintah untuk bisa melaksanakan deteksi terhadap semua permasalahan dan ancaman faktual yang terjadi dilaut. Jadi masyarakat memiliki peran yang sentral di dalam penyampaian informasi kepada aparat pemerintah khususnya Bakamla.

"Inilah salah satu tujuan kita memberikan pelatihan kepada Relawan penjaga laut nusantara Banyuwangi," tegasnya.

Ketua Rapala Bakamla RI Banyuwangi, Aan Mutowib, mengaku tidak bisa menutupi kebanggaannya kepada para anggota. Meskipun hanya nelayan biasa, nyatanya mereka bisa mengikuti materi demi materi dari para instruktur.

"Semoga teman-teman semakin sadar terhadap keselamatan saat bekerja di laut. Keselamatan itu nomor satu," katanya di sela-sela acara penutupan pelatihan.