9 Rumah di Lamongan Rusak dan Roboh Diterjang Hujan yang Disertai Angin

9 Rumah di Lamongan Rusak dan Roboh Diterjang Hujan yang Disertai Angin

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 21:39 WIB
Satu rumah kayu roboh dan 8 rumah lainnya rusak diterjang hujan deras yang disertai angin kencang. Hujan angin juga menumbangkan pohon asam.
Rumah yang rusak di Lamongan/Foto: Istimewa
Lamongan - Satu rumah kayu roboh dan 8 rumah lainnya rusak diterjang hujan deras yang disertai angin kencang. Hujan angin juga menumbangkan pohon asam.

Rumah roboh dan rusak terjadi di 2 desa di Kecamatan Kembangbahu. Yaitu Desa Dumpiagung dan Desa Moronyaplung.

Hujan disertai angin menumbangkan pohon asam yang berada di pinggir jalan raya Desa Dumpiagung, menuju Kecamatan Mantup. Pohon asam ini tumbang ke badan jalan raya sehingga sempat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

"Peristiwanya sendiri diawali hujan yang mulai pukul 15.00 WIB tadi. Hujan lebat disertai angin kencang," kata Camat Kembangbahu, Sutikno saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (10/12/2021).

Dikatakan oleh Sutikno, satu rumah kayu yang roboh diketahui milik Zeni, warga Dusun Kedungsari, Desa Moronyaplung. Untuk rumah yang mengalami kerusakan, menurut Sutikno, ada di 2 dusun di Desa Dumpiagung, yaitu Dusun Kedungbulu dan Dusun Dugo.

"Untuk rumah warga yang di Dusun Kedungbulu Desa Dumpiagung ada sebanyak 6 rumah dan yang di Dusun Dogo 2 rumah," ujar Sutikno.

Peristiwa akibat hujan deras disertai angin kencang yang menimpa Kecamatan Kembangbahu sudah dua kali terjadi pada musim hujan ini. Penanganan, pembenahan dan pembersihan akan dilaksanakan pada Sabtu (11/12) oleh Muspika Kecamatan Kembangbahu dan masyarakat.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian akibat kejadian ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah," terangnya.

Sutikno menambahkan, Anggota TNI, Polri dan pemerintah kecamatan bersama masyarakat telah berupaya untuk melakukan evakuasi pohon yang tumbang, agar tidak menimbulkan kemacetan di jalan raya.

"Saat ini arus lalu lintas sudah lancar karena pohon yang tumbang sudah berhasil dievakuasi," pungkasnya. (sun/bdh)