26 Rumah di Lamongan Rusak Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:49 WIB
Hujan Disertai Angin, Puluhan Rumah di Lamongan Rusak Ringan-Berat
Rumah rusak tertimpa pohon tumbang/Foto: Istimewa (Dok BPBD Lamongan)
Lamongan - Hujan deras disertai angin kencang melanda Lamongan menyebabkan puluhan rumah rusak ringan hingga berat. Puluhan rumah rusak ini terjadi 2 kecamatan di Lamongan. Selain puluhan rumah, beberapa pohon tumbang.

Data yang dihimpun BPBD Lamongan menyebutkan, puluhan rumah rusak karena hujan angin dini hari tadi, Jumat (10/12/2021). Di Kecamatan Karanggeneng ada 12 rumah rusak dan di Kecamatan Kembangbahu 14 rumah rusak.

"Di Kecamatan Karanggeneng, hujan angin menyebabkan 12 rumah warga di Dusun Mbekanan, Desa Banteng Putih mengalami rusak ringan hingga berat," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPB Lamongan Muhammad Muslimin kepada wartawan.

Di Dusun Mbekanan ini hujan disertai angin juga mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga hingga rumah warga rusak. Muslimin menyebut, di Dusun Mbekanan ini tercatat sebanyak 26 batang pohon jati tumbang sehingga menyebabkan akses jalan pertanian terganggu.

"Pemotongan terhadap pohon yang tumbang dan perbaikan rumah masih terus dilakukan," ujar Muslimin.

Untuk di Kecamatan Kembangbahu, hujan disertai angin kencang ini menyebabkan 14 rumah warga di Desa Tlogoagung Kecamatan Kembangbahu rusak ringan hingga berat. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamongan, lanjut Muslimin, melakukan asesmen ke rumah yang terdampak angin puting beliung.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," jelasnya.

Muslimin mengimbau warga agar selalu siaga menghadapi perkembangan cuaca. Selain itu, Muslimin juga mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah bila terjadi hujan disertai angin kencang karena rawan pohon tumbang. "Tetap selalu siaga dan tingkatkan kewaspadaan," imbaunya. (fat/fat)