Banyak Pikiran dan Cemas, Pengungsi Semeru Terkena Penyakit Hipertensi

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 07:30 WIB
pengungsi semeru mengalami hipertensi
Pengungsi semeru diperiksa/Foto: Istimewa (Dok Unair Surabaya)
Surabaya - Pengungsi erupsi Semeru mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), mata merah dan gatal-gatal. Itu diketahui saat Tim Bantuan Bencana Alam FK Unair-IKA Unair menggelar baksos ke korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Rupanya selain beberapa tiga penyakit tersebut, ditemukan pengungsi mengalami hipertensi.

"Memang ditemukan pengungsi yang mengalami hipertensi. Tekanan darahnya tinggi," kata Ketua Unit Bantuan Bencana Alam FK Unair-IKA Unair, Dr dr Christrijogo Soemartono Waloejo SpAn KAR, Sabtu (11/12/2021).

Dia menambahkan pengungsi yang mengalami hipertensi rata-rata berusia di atas 40 tahun. Pemicunya lantaran cemas lantaran kehilangan orangtua, suami, istri, anak dan rumah atau was-was muncul erupsi lagi.

"Jadi mereka mengalami trauma pengalaman erupsi yang sudah terjadi. Selain itu mereka kepikiran kehilangan orangtua, suami, istri, anak dan rumah serta gagal panen," tambahnya.

Baca juga: Video Anak Berkerudung Hijau Lari Kencang Saat Erupsi Semeru, Siapa Dia?

Kondisi pengungsi itu, tambah dia, bisa parah jika tak kunjung diberi pemulihan psikologisnya. Untuk itu tim Bencana Alam FK Unair-IKA Unair menurunkan beberapa tim membantu penanganan trauma healing.

"Kami melihat korban juga perlu pendampingan psikologis untuk membantu menenangkan mereka agar tidak mengalami trauma berkepanjangan," jelas Wakil Ketua IKA Unair, dr S Henry Wibowo SpAnd MARS.

Sementara Ketua Tim Aju Posko Gabungan Peduli Bencana Alam dan Pandemi FK Unair-IKA Unair, dr Teddy Heri Wardhana SpOT menuturkan perlu penanganan khusus untuk pengungsi agar tidak muncul penyakit-penyakit baru.

"Memang diperlukan perhatian khusus agar tidak ada fase akut. Misalnya mengantisipasi penyakit yang bisa muncul pasca erupsi. Setelah itu psikologisnya ikut disembuhkan dan diterapi," tegasnya.

Simak video 'BMKG: Potensi Hujan Lebat di Semeru Terjadi 3 Hari ke Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)