Peduli Korban Erupsi Semeru, CT ARSA Foundation Salurkan 1.000 Paket Sembako

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 16:55 WIB
Lumajang -

CT ARSA Foundation berkolaborasi dengan Dompet Amal Transmedia dan berbuatbaik.id melakukan gerakan berbagi kebencanaan erupsi Gunung Semeru. Dalam peduli Semeru ini, CT ARSA Foundationdan, Dompet Amal Transmedia dan berbuatbaik.id membawa sekitar 1.000 sembako.

Selain itu, CT ARSA Foundation membawa mobil dapur keliling melakukan kegiatan memasak untuk para pengungsi. Mereka akan membagikan makanan bergizi, sehari 500 paket. Kemudian juga membawa mobil ambulans rescue dengan 2 perawat, baik obat-obatan dan lainnya untuk memeriksa kesehatan para pengungsi.

"Total bantuan 1.000 sembako, paket makanan bergizi 500 pack per hari selama 14 hari. Karena tanggap bencana hingga 3 Januari. Kita akan coba ini selama 14 hari. Sekarang kami di Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang," kata GM CT ARSA Foundation Gatut Mukti saat dihubungi detikcom, Kamis (9/12/2021).

CT ARSA Foundation juga melakukan asesmen fasilitas umum. Seperti pendidikan dan masjid yang rusak karena erupsi Gunung Semeru.

"Akan kita cek dan asesmen, nanti akan ada tim yang menganalisa seperti bencana lainnya, baik gempa dan segala macam. Setelah bencana selesai kita lakukan pembangunan. Bukan hanya bantuan kebutuhan pokok, tapi juga memperbaiki fasilitas umum," jelasnya.

Alasan memilih fasilitas umum, karena banyak yang digunakan masyarakat. Misalkan sekolah, seperti misi CT ARSA Foundation, memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas dan optimal.

"Makanya kita mengecek fasilitas umum seperti sekolah, masjid, kita lakukan asesmen, kita laporkan ke pusat, biasanya dengan ketua kita Bu Anita Ratnasari Tanjung. Nanti akan dilakukan pembangunan, seperti di Malang kita bangun 3 sekolah, Lampung juga 3 sekolah, Palu 9 sekolah 3 masjid," urainya.

Pihaknya juga akan mengecek untuk berbuatbaik.id, biasanya akan dilakukan asesmen. Seperti masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, kesehatan pengungsi yang membutuhkan pertolongan.

"Kita kan open donasi di berbuatbaik.id. karena 100% biaya operasional ditanggung oleh berbuatbaik.id dan CT Corp. Kita akan menyebar beberapa titik yang langsung terdampak dengan erupsi ini," pungkasnya.

CT ARSA Foundation juga berkolaborasi dengan beberapa pihak. Seperti Lion Japan, berdikari, Baby Happy Wings, Garuda Food.

(fat/fat)