Kompor Gas hingga Ayam Warga Terdampak Erupsi Semeru Hilang Dijarah

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 14:13 WIB
Ribuan rumah korban erupsi Gunung Semeru banyak dijarah
Petugas bantu evakuasi barang warga /Foto: Istimewa (Dok BPBD Kabupaten Malang)
Malang -

Barang-barang milik warga terdampak erupsi Gunung Semeru hilang dijarah. Seperti milik warga Dusun Sumbersari Kamar A, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Malang.

"Warga banyak curhat ke relawan dan kami, jika barang-barangnya banyak yang hilang, seperti kompor sampai ayam," kata seorang personel BPBD Kabupaten Malang, Sarianto kepada wartawan di lokasi, Kamis (9/12/2021).

Sarianto mengaku, personel BPBD Kabupaten Malang bersama relawan datang ke Desa Supiturang, sejak hari ketiga erupsi Gunung Semeru. Dusun Kamar A di wilayah desa setempat menjadi salah satu lokasi yang didatangi.

"Kami datang untuk membantu warga mengevakuasi barang-barangnya. Karena rumah tak bisa ditempati akibat terkena abu vulkanik," akunya.

Saat membantu warga mengevakuasi barang-barang itulah banyak diceritakan barang milik warga banyak yang hilang.

"Tidak laporan, tapi mengeluh kepada kami," tegasnya.

Untuk membantu mengamankan harta benda warga, personel BPBD Kabupaten Malang bersama BPBD Kota Batu, relawan serta TNI/Polri bersiaga di wilayah dusun hingga malam hari.

"Pencegahan kami adalah bertahan di lokasi sampai malam. Sekaligus menghalau warga tak memiliki kepentingan ke lokasi," tuturnya.

Hingga saat ini warga yang rumahnya terdampak abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru masih enggan kembali ke rumahnya masing-masing.

Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, merupakan salah satu desa terdampak erupsi Gunung Semeru. Setidaknya, ada puluhan rumah terkena banjir lahar dan abu vulkanik.

(fat/fat)