Pohon Tumbang Hancurkan Warung dan Putuskan Jaringan Listrik di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 21:40 WIB
Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Bendungan, Trenggalek mengakibatkan enam pohon tumbang di ruas antarkecamatan. Dampaknya, satu kios buah ambruk dan jaringan listrik satu kecamatan putus.
Kios buah yang rusak/Foto: Istimewa
Trenggalek - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Bendungan, Trenggalek mengakibatkan enam pohon tumbang di ruas antarkecamatan. Dampaknya, satu kios buah ambruk dan jaringan listrik satu kecamatan putus.

Camat Bendungan, Nur Kholiq mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di ruas jalan Trenggalek-Bendungan, Desa Sumurup. Sekitar pukul 14.30 WIB terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir. Kencangnya angin mengakibatkan enam pohon pinus yang ada di pinggir jalan tumbang.

"Pohon tersebut ambruk dan menimpa kios buah milik Pak Yani," kata Kholiq.

Menurutnya, saat kejadian berlangsung, pemilik kios sedang berada di dalam. Namun yang bersangkutan menyelamatkan diri sesaat sebelum pohon tersebut menghancurkan tokonya.

"Jadi, saat pohon akan tumbang, pemilik kios tahu, akhirnya lari. Alhamdulillah selamat," imbuhnya.

Lebih lanjut camat menjelaskan, selain merobohkan kios buah, ambruknya enam pohon pinus tersebut juga menimpa kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) milik PLN, yang menyuplai kebutuhan tenaga listrik wilayah Kecamatan Bendungan.

"Karena gangguan itu, saat ini satu kecamatan padam, Bendungan gelap gulita," ujarnya.

Menurutnya, pihak PLN telah berada di lokasi kejadian untuk melalukan proses perbaikan. Namun karena masih hujan deras, proses perbaikan ditunda besok pagi.

"Selain masih hujan, juga menunggu pihak Perhutani untuk memotong beberapa pohon yang rawan ambruk. Saat ini sedang diupayakan oleh PLN untuk menyalakan listrik sampai di Puskesmas Bendungan, atau sebelum lokasi pohon tumbang," jelas Kholiq. (sun/bdh)