Desa Banyuwangi Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:40 WIB
Desa Banyuwangi Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kategori Digital Kemenparekraf
Foto: Istimewa (Dok Pemkab Banyuwangi)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda mengatakan, setelah melakukan serangkaian penilaian Desa Tamansari akhirnya terpilih menjadi juara 1 kategori digital.

"Akhirnya Desa Tamansari terpilih sebagai juara pertama kategori digital, karena penerapan digitalisasi di desa tersebut," kata Bramuda.

Desa Tamansari menjadi desa wisata mengoptimalkan potensi dan berbagai jejaring bisnis, dengan BUMDes sebagai leading sektornya. Di desa ini terdapat lebih 300 warga yang terlibat dalam jejaring bisnis desa wisata. Desa Tamansari juga mengoptimalkan digitalisasi dalam membangun dan memperluas jangkauan pasar desa wisata.

"Dengan dukungan dari Pemkab Banyuwangi, kami lebih mudah dalam membangun ekosistem desa wisata. Berbagai program digitalisasi seperti Smart Kampung yang diterapkan Pemkab Banyuwangi, turut mendorong kami terbiasa mengembangkan digitalisasi di desa kami," kata Rizal Sahputra, Kepala Desa Tamansari.

Perlahan Desa Tamansari terus mengembangkan jejaring bisnisnya. Saat ini terhitung 60 UMKM, 50 homestay, puluhan jasa guide wisata, kendaraan wisata, serta beberapa usaha kecil menengah lainnya. Seluruh jenis usaha desa ini melibatkan warganya.

"Kami selalu mendorong segala unit usaha desa benar-benar diinisiasi oleh warga itu sendiri. Namun, sebagai pemerintah desa, kami akan berusaha mencukupi akomodasi pariwisata atau menyempurnakan segala bentuk sumber daya yang berkaitan dengan desa wisata," katanya.

Selain meraih juara ADWI, Desa Tamansari juga mendapat sertifikasi berkelanjutan dari Kemenkarekraf dengan kategori "Maju". "Dalam sertifikasi berkelanjutan ini hanya 16 desa di Indonesia yang terpilih," kata Bramuda.

Dengan sertifikasi ini kian mengukuhkan Desa Tamansari sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.


(fat/fat)