Desa Banyuwangi Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:40 WIB
Desa Banyuwangi Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kategori Digital Kemenparekraf
Foto: Istimewa (Dok Pemkab Banyuwangi)
Banyuwangi - Desa-desa di Banyuwangi kembali menorehkan prestasi nasional. Kali ini Desa Tamansari, Kecamatan Licin, juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Kategori Digital, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penghargaan ADWI 2021 diserahkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal Dan Transmigrasi, Budie Arie Setiadi. Dengan didampingi Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, dan Menkaparekraf Sandiaga Salahudin Uno, di Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam.

"Kami bersyukur dengan prestasi ini. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, Banyuwangi menjadikan desa sebagai garda depan pembangunan," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kepada detikcom, Rabu (8/12/2021).

"Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras teman-teman desa. Desa Tamansari berhasil membangun jejaring bisnis yang dikelola BUMDes, dengan mengoptimalkan peran masyarakat. Penghargaan ini kian memotivasi kami untuk terus berinovasi," tambah Ipuk.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Penghargaan ADWI 2021 melalui proses yang panjang. Setelah melalui serangkaian tahap kurasi, dari 1.831 peserta desa wisata yang mendaftar secara nasional, terkurasi 300 besar desa wisata, yang kemudian dikerucutkan menjadi 100 Besar. Setelah itu terpilih menjadi 50 besar desa wisata terbaik hasil kurasi para dewan kurator dan dewan juri.

Menteri Sandiaga Uno melakukan penilaian secara langsung dengan mendatangi desa-desa finalis ADWI 2021. Di Banyuwangi Sandiaga Uno mengeksplorasi berbagai destinasi wisata di Desa Tamansari untuk melakukan penilaian pada 18 September 2021 lalu.