Polda Jatim Kirim Alat Berat-Cold Storage untuk Pencarian Korban Erupsi Semeru

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 14:51 WIB
Polda Jatim Kirim Alat Berat hingga Cold Storage untuk Pencarian Korban Erupsi Semeru
Foto: Istimewa (Dok Polda Jatim)
Surabaya - Polda Jatim menerjunkan 14 alat berat ekskavator membantu evakuasi korban pascaerupsi Gunung Semeru. Nantinya, 14 alat berat ini akan beroperasi di dua dusun terdampak.

Sebanyak 4 alat berat akan disiapkan di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo dan 10 unit ekskavator disiapkan di Desa Jarit, Kecamatan Pasirian.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman mengatakan alat berat ini untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban.

"Alat berat ini nantinya dioperasikan oleh Polres Lumajang yang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana erupsi Gunung Semeru," ujar Farman di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (8/12/2021).

Tak hanya itu, Farman menyebut pihaknya juga menyiapkan sejumlah perlengkapan penunjang.

"Selain itu, kita juga menyiagakan 8 unit dump truk, 1 unit truk tangki berisi BBM solar, dan 2 unit truk pengangkut ekskavator," tambahnya.

Selain alat berat untuk evakuasi, Farman mengaku pihaknya juga mengirim bantuan cold storage ke RSUD Haryoto Lumajang. Hal ini karena ada kekurangan sarana penyimpanan jenazah korban.

"Menindaklanjuti kurangnya sarana penyimpanan jenazah korban erupsi Gunung Semeru sebelum dilakukan proses identifikasi oleh Inafis, Ditreskrimsus Polda Jatim telah mengirimkan bantuan kontainer pendingin reefer," ungkap Farman.

Ada 20 mesin pendingin yang dikirim. Farman menambahkan dalam operasional kontainer pendingin tersebut masih diperlukan mesin genset atau disambungkan langsung ke PLN agar reefernya berfungsi dengan baik. (hil/fat)