Dusun Renteng Diguyur Hujan, Pencarian Korban Erupsi Semeru Sempat Dihentikan

M Rofiq - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 12:01 WIB
Hujan deras sempat mengguyur Dusun Renteng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, sekitar pukul 09.30 WIB, Rabu (8/12/2021). Proses pencarian yang dilakukan petugas gabungan BPBD, TNI/Polri dan sukarelawan dihentikan.
Foto: M Rofiq
Lumajang - Hujan deras sempat mengguyur Dusun Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, sekitar pukul 09.30 WIB, Rabu (8/12/2021). Proses pencarian yang dilakukan petugas gabungan BPBD, TNI/Polri dan sukarelawan dihentikan.

Tim SAR gabungan diperintahkan kembali ke titik aman, sebab di lereng Gunung Semeru berpotensi lahar dingin. Dusun Renteng salah satu kawasan yang dilintasi lahar Gunung Semeru.

Petugas Tagana Jatim, Ahmadi mengaku karena lokasi Gunung Semeru sempat berawan tebal dan gelap, ada imbauan dari pihak PVMBG Gunung Semeru di Gunung Sawur, proses pencarian dihentikan sementara. Pasalnya, jika lahar dingin terjadi, akan membawa banyak material.

"Menghindari korban jiwa bertambah, proses pencarian disetop sementara. Dan kembali dilanjutkan jika kembali aman," tegas Adi, saat dikonfirmasi di Dusun Reteng.

Sementara itu Petugas dari TNI/Polri melakukan penjagaan di portal pintu masuk Dusun Renteng. Hal ini mengantisipasi warga dan relawan masuk ke lokasi.

"Itu dilakukan menghindari risiko korban kembali," tambahnya.

Dusun Renteng diketahui pemukiman warga yang kondisinya paling parah diterjang APG (Awan Panas Guguran). Selain Dusun Renteng, kondisi parah juga dialami Dusun Curah Kobokan.

Sedangkan proses pencarian di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro dibagi 3 titik yakni Dusun Kamar Kajang, Dusun Renteng dan Dusun Gondeli.

Untuk proses pencarian di Kecamatan Pronojiwo, ada 2 titik lokasi pencarian. Yakni Dusun Curah Kobokan dan Dusun Kajar Kuning. (fat/fat)