Wamendag Pastikan Tak Ada Lonjakan Harga Bahan Pokok di Surabaya Jelang Nataru

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 22:13 WIB
wamendag di Pasar Wonokromo
Wamendag di Pasar Wonokromo (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meninjau pergerakan dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya. Jerry ingin memastikan tidak ada kelangkaan dan lonjakan harga bahan pokok jelang Nataru.

Jerry menilai ketersedian barang dan stok bahan pokok di Kota Pahlawan bagus dan harganya cukup terkendali.

"Menjelang natal dan tahun baru kita memastikan ketersedian stok memadai dan tentunya itu akan menjaga kestabilan harga di masyarakat. Saya pikir itu tidak hanya berlaku di Surabaya saja, tapi juga di seluruh daerah di Indonesia," kata Jerry kepada wartawan usai meninjau Pasar Wonkromo, Selasa (7/12/2021).

Jerry mengatakan pihaknya banyak melakukan observasi di beberapa daerah. Termasuk Surabaya untuk memastikan semuanya kondusif.

Untuk stok jelang Nataru, Jerry menyebut Surabaya aman. Jerry menyampaikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Kepala Dinas Perdagangan Wiwiek Widayati jika Pemerintah Pusat memastikan dalam 1,5-2 bulan ke depan pasokan bahan pokok aman.

"Pusatnya Natal dan tahun baru kan Desember sampai tahun depan sih ya, Insyallah tersedia dengan baik. Harga sementara memang fluktuasi ada, tetapi tadi kita pastikan dan kita tanya ke pedagang langsung sempat baik, tapi turun lagi. Yang penting masih dalam taraf wajar dan tentunya ini kita meminta kepadan pedagang kalau bisa memang dalam situasi menyambut nataru semuanya kondusif," jelasnya.

Sementara Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, terkait harga bahan pokok sudah terkendali dan stoknya aman. Jika harga naik turun, ia meminta dimaklumi karena harga yang fluktuatif.

"Alhamdullilah support juga dari provinsi pak kadis dan dengan kementerian maka kita bisa mengendalikan harga, sekaligus stok yang ada di Kota Surabaya. Insyallah sampai Natal dan tahun baru tidak ada kendala terkait barang yang ada di Kota Surabaya," kata Eri.

Jika nantinya ada kenaikan harga saat Natal, pihaknya akan langsung melakukan operasi pasar. "Makanya kita selalu koordinasi dengan Pak Wamen dari kementerian, terus juga dinas di provinsi," ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Jatim Drajad Irawan mengatakan dari pantauan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskalerbako), dari 116 pasar, harga di Pasar Wonokromo stabil.

"Ketersedian cukup, dengan harapan data yang ada sampai 1,5 bulan kita masih cukup ketersedian semua bahan pokok, pungkasnya.

(iwd/iwd)