Aksi Heroik Polisi Lumajang Saat Detik-detik Erupsi Semeru

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 14:41 WIB
Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12). Kini beredar video aksi heroik polisi mengimbau truk-truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi, saat erupsi terjadi.
Gambar video yang beredar/Foto: Tangkapan layar
Lumajang - Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12). Kini beredar video aksi heroik polisi mengimbau truk-truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi, saat erupsi terjadi.

Polisi diduga bernama Ismail, dari Polsek Candipuro, Lumajang. Ia berteriak agar truk-truk penambang pasir segera pergi dari kawasan Curah Kobokan. Sebab dari kejauhan sudah tampak gumpalan awan panas erupsi Gunung Semeru.

"Ayo Pak, keluar Pak, keluar Pak," teriak Ismail kepada sopir truk penambang pasir, seperti dalam video yang dilihat detikcom, Senin (6/12/2021).

Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12). Kini beredar video aksi heroik polisi mengimbau truk-truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi, saat erupsi terjadi.Aksi heroik polisi saat erupsi terjadi/ Foto: Tangkapan Layar

"Ayo Pak, woy sopir ayo keluar Pak, panggil teman-temannya keluar Pak," imbuhnya.

Ismail juga tampak berlari-lari menghalau para sopir truk. Ia terus berteriak kepada sopir truk agar segera pergi dari lokasi penambangan pasir.

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik yang beredar, Ismail mengatakan kepada perekam video telah terjadi erupsi Gunung Semeru.

"Pertama ada letupan kecil dan diperkirakan akan erupsi besar. Masih belum bisa dipastikan, cuman dari segi awan panasnya sudah kelihatan. Betul (sudah hujan abu)," kata Ismail.

Dalam video detik-detik erupsi Gunung Semeru tersebut, tampak kondisinya mulai gelap. Hujan abu turun, orang-orang yang ada di sana berlarian.

"Ayo, ayo Pak, ayo, ayo. Ayo Pak, ayo Pak. Ayo maju," teriak Ismail. (sun/bdh)