RSD dr. Soebandi Jember Terima Rujukan Dua Pasien Korban Erupsi Semeru

Yakub Mulyono - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 23:37 WIB
rsd dr soebandi jember
RSD dr Soebandi Jember menerima dua pasien korban erupsi Semeru (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - RSD dr. Soebandi Jember menerima dua pasien korban erupsi Gunung Semeru. Dua pasien itu pria berinisial S (30) warga Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo; dan O (26) warga Dusun Krajan, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Kedua korban mengalami luka bakar 70 persen dan harus mendapat penanganan serius. Menurut Kepala IGD RSD dr. Soebandi Wahib Wahyu, kedua korban perlu penanganan serius terkait luka yang dialami dan dilanjutkan dengan operasi plastik. Wahib mengatakan kedua korban mengalami trauma inhalasi.

"Karena dari hidung hingga paru-paru kena panas akibat menghirup udara panas saat erupsi itu. Dimungkinkan paru-parunya bermasalah. Jadi kita bantu pasangi pipa oksigen sebagai tindakan medis intubasi (dipasang pipa nafas), untuk membantu pernafasan. Untuk intubasi itu kita meneruskan dari RS di Lumajang," kata Wahib saat dikonfirmasi di Ruang IGD dr. Soebandi Jember, Minggu (5/12/2021) malam.

Kedua korban sampai di RSD dr. Soebandi Jember sekitar pukul 18.05 WIB. Sebelumnya mereka mendapat perawatan di RSUD dr. Haryoto, Lumajang.

"Untuk kondisi korban setengah ditidurkan (dengan obat bius), dan sampai di sini (RSD dr. Soebandi Jember), ditidurkan penuh. Untuk menangani luka lain yang mungkin dialami korban," katanya.

"Kondisi kedua orang korban itu selain mengalami gangguan pernapasan, juga kekurangan cairan (dehidrasi berat), sehingga dibantu juga dengan cairan infus," sambungnya.

Untuk penanganan medis, lanjut dokter Wahib, tidak melalui IGD tapi langsung ke Ruang ICU yang sudah disiapkan sejak Sabtu sore (4/12).

"Karena dimungkinkan kita jadi rumah sakit rujukan wilayah karesidenan besuki. Kita siapkan 5 ruang ICU. Untuk korban mengalami luka bakar 70 persen," katanya.

"Setelah penanganan trauma inhalasi dilakukan, cairan tubuh kembali normal. Akan dilanjutkan operasi plastik malam ini juga untuk penanganan medis lanjutan," imbuhnya.