Hujan Deras Bikin Kangean Sumenep Kebanjiran

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 17:17 WIB
banjir di sumenep
Kangean sempat banjir selama 4,5 jam (Foto: Dok. Polres Sumenep)
Sumenep -

Hujan deras membuat wilayah Kangean, Kecamatan Arjasa, Sumenep, terendam banjir. Banjir terjadi sekitar 4,5 jam.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti Sutionin membenarkan adanya banjir di wilayah Kangean. Banjir setinggi lutut orang dewasa terjadi sejak pukul 09.00-13.30 WIB dan kini sudah surut.

"Iya banjir, tapi Alhamdulillah sudah surut. Banjirnya sejak tadi (pukul 09.00-13.30 WIB), karena hujan menerus," kata AKP Widiarti saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (5/12/2021).

banjir di sumenepFoto: Dok. Polres Sumenep

Saat banjir melanda, pihak dari Polsek Kangean melakukan patroli ke wilayah yang rawan tergenang luapan air hujan. Kemudian membantu masyarakat yang akan menyeberangi jalan, serta membantu warga yang rumahnya tergenang banjir.

Ada tiga dusun yang terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Pertama Dusun Ngomber Desa Laok Jangjang yang banjirnya meluap dan menutup akses jalan. Anggota Polsek Kangean melaksanakan pengamanan, pengaturan jalan, dan membantu warga yang hendak menyeberang.

Kedua, Dusun Bire Desa Duko, debit air hujan yang cukup besar sempat menggenang di SDN DUKO III, air meluap ke rumah warga di sekitar SD. Anggota Polsek Kangean membantu mengatasi pengalihan air agar tidak masuk ke rumah warga.

"Ketiga Desa Angon-angon, debit air hujan besar, meluap, dan sempat menggenang menghalangi akses jalan. Anggota Polsek Kangean melaksanakan pengamanan, pengaturan jalan dan membantu warga yang hendak menyeberang," kata Widiarti.

Polsek Kangean juga bergotong royong bersama warga sekitar lokasi dan Aparatur Desa. Mereka saling membantu warga yang hendak menyeberang jalan. Dalam banjir ini tidak ada korban jiwa dan tidak ada pohon tumbang.

Simak Video 'Apa Saja Dampak Siklon Tropis Teratai ke Wilayah Indonesia?':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)