Rumah-rumah Warga Terendam Pasir hingga 4 Meter Akibat Erupsi Gunung Semeru

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 03:07 WIB
rumah warga lumajang tertutup pasir atau lahar usai semeru erupsi
Rumah warga terdampak erupsi hanya terlihat atapnya (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Lumajang -

Puluhan rumah di Kampung Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, terendam erupsi Gunung Semeru. Rumah-rumah itu terendam pasir setinggi 4 meter. Padahal warga menyebut, ketinggian rumah tersebut antara 5-6 meter.

Dari pantauan detikcom, terlihat beberapa rumah hanya terlihat atapnya saja. Rumah-rumah tersebut berada di kawasan yang berdekatan dengan penambang pasir. Saat kejadian, kawasan ini dilewati lahar dingin. Area tersebut gelap gulita dan tak ada lampu penerangan.

"Pas kejadian itu semua gelap seperti sudah malam. Ada yang bisa menyelamatkan diri ada yang tidak. Orangtua saja bersyukur bisa menyelamatkan diri," kata salah satu warga bernama Salim yang tinggal di beda RT dengan orangtuanya kepada detikcom, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

Dia mengaku semua warga berteriak dan lari menyelamatkan diri masing-masing saat kejadian Sabtu (4/12/2021) sore tersebut. Namun ada yang berusaha menolong saudara dan menyelamatkan hewan ternak.

"Semua teriak-teriak, lari-lari, sudah kalang kabut ceritanya. Ada yang sambil narik sapinya, nyusul (jemput) saudaranya yang masih di dalam rumah," kenangnya.

Salim mengaku jerit tangis terdengar di mana-mana. Mereka merasa terkurung di lokasi tersebut. Apalagi tidak ada penerangan.

"Semua menangis, apalagi wanita dan anak-anak. Apalagi saat itu anak-anak persiapan berangkat mengaji, jadi semua berteriak dan menangis

Simak Video 'Penampakan Rumah-rumah Terendam Pasir Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]