Pengungsi Semeru Sangat Membutuhkan Barang-barang Ini

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 21:43 WIB
semeru erupsi, warga mengungsi
Warga yang mengungsi di salah satu balai desa (Foto: M Rofiq)
Lumajang -

Warga dari dua kecamatan yang terdampak erupsi Gunung Semeru mengungsi. Para pengungsi menunggu bantuan barang-barang yang saat ini sedang dibutuhkan.

Warga dari Kecamatan Pronojiwo mengungsi di tenda darurat yang berada di pertigaan Jalan Pronojiwo. Sedangkan warga desa dari Kecamatan Candipuro mengungsi di Balai Desa Sumber Wuluh dan Balai Desa Kamar Kajang.

Saat ini warga di pengungsian membutuhkan masker, makanan dan minuman siap saji yang tidak cepat basi, popok, pakaian, jas hujan, terpal, dan selimut.

"Pengungsi korban erupsi Gunung Semeru saat ini butuh air minum dan makanan, pakaian, dan popok bayi. Karena hampir mayoritas pengungsi tidak bawa bekal dan pakaian. Dan bantuan seperti terpal juga dibutuhkan karena saat ini Lumajang hujan. Masker dan obat-obatan juga dibutuhkan," ujar Silvy, relawan Adventure Makelar Surga Community, kepada detikcom, Sabtu (4/12/2021).

Silvy menjelaskan warga butuh makanan dan pakaian karana, saat Gunung Semeru memuntahkan awan panas, warga langsung lari. Mayoritas warga menyelamatkan diri tanpa membawa apa-apa selain pakaian yang melekat di badannya," kata Silvy.

Namun pasokan barang untuk pengungsi ke Kecamatan Pronojiwo terkendala akses jalan karena Jembatan Gladak Perak putus akibat diterjang banjir lahar Semeru.

(iwd/iwd)