Aktivitas Gunung Bromo Stabil Meski Semeru Erupsi

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 18:45 WIB
Gunung Bromo
Gunug Bromo (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Getaran akibat Gunung Semeru yang menyemburkan awan panas terekam di pos pantau Gunung Bromo Probolinggo. Getaran itu terekam mencapai amplitudo 24 milimeter selama hampir 1 jam, mulai 14.10 WIB sampai 16.09 WIB.

Ketinggian awan panas guguran Gunung Semeru mencapai 11 kilometer pada pukul 15.00 WIB. Debu vulkanik mengarah ke Kabupaten Malang dan merusak sejumlah atap rumah warga di lereng Semeru dan fasilitas umum di wilayah Lumajang.

Meski gempa letusan Gunung Semeru terekam sampai di Pos PVMBG Cemoro Lawang, hal itu tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Bromo. Data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos pantau di Gunung Bromo, seismograf gempa merekam dengan amplitudo 0,5-1 milimeter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo Wahyu Andrian Kusuma mengatakan, meski Gunung Semeru Erupsi, kondisi dan aktivitas Gunung Bromo masih stabil dan aman untuk dikunjungi.

"Aktivitas Gunung Bromo stabil dan aman dikunjungi meski getaran gempa Gunung Semeru sampai terekam seismograf pos pantau Gunung Bromo," ujar Wahyu.

Status Gunung Bromo hingga saat ini pada level waspada dengan jarak aman 1 kilometer dari kawah Bromo.

(iwd/iwd)