Gempa Surabaya M 4,4, BMKG: Masuk Kategori Dalam, Tidak Berdampak

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 10:02 WIB
Gempa berkekuatan M 4,4 mengguncang Surabaya Jawa Timur. Gempa terjadi pukul 04:38:11 WIB
Foto: Istimewa (Dok BMKG Juanda)
Surabaya -

Gempa berkekuatan M 4,4 mengguncang Surabaya Jawa Timur. Gempa bumi terjadi pukul 04:38:11 WIB, Sabtu (4/12/2021). Berdasarkan keterangan BMKG, pusat gempa berada di 10 KM Timur Surabaya dan memiliki kedalaman 501 KM.

"Info gempa magnitudo 4,4 19 berada di 10 KM Timur Surabaya," demikian keterangan BMKG Juanda yang dilihat detikcom.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa tersebut tidak memberi dampak apapun untuk masyarakat di Kota Surabaya. Pasalnya, kedalaman gempa masuk kategori sangat dalam.

"Jadi gempa tersebut tidak berdampak apapun ya. Karena kedalaman gempa berada di 501 KM, jadi masyarakat Surabaya, Madura tidak perlu khawatir," kata Daryono kepada detikcom, Sabtu (4/12/2021).

Daryono mengungkapkan, gempa yang terjadi di Surabaya itu, masuk klasifikasi gempa dalam. Di mana kedalaman gempa berada di atas 300 KM.

Jika gempa berada di kedalaman 5-10 KM, maka dengan magnitudo sebesar 4,4 guncangannya sangat terasa.

"Jadi klasifikasi gempa itu, kalau itu dangkal 5-10 KM, guncangannya lumayan. Karena itu 500 KM, jadi gak kerasa. Masyarakat jangan khawatir, gempa itu ada klasifikasi berdasar kedalaman, yang dangkal itu di bawah 60 KM, itu sangat terdampak," terangnya.

"Lalu ada 60-300 KM, masuk klasifikasi menangah, lumayan berdampak. Kalau di atas 300 KM namanya gempa dalam itu tidak berdampak, jadi fenomena seperti itu akan terjadi, karena lempeng Australia itu menunjam ke bawah Jawa, semakin ke utara semakin dalam," sambungnya.

"Mulanya menunjam di Samudera Hindia menusuknya dari situ Banyuwangi, di situ dangkal, karena menukik, semakin ke Utara semakin dalam. Sampai di Surabaya atau Madura itu sudah sangat dalam. Jadi tidak terdampak," lanjutnya.

Daryono menambahkan, gempa bumi dalam seringkali terjadi di kawasan Flores, dan Bangka. Dari kejadian itu, tidak ada dampak yang merusak.

"Masyarakat jangan khawatir, apalagi sekarang banyak berita tsunami. Itu gempa dalam jadi tidak berdampak. Termasuk gak ada dampak ke dalam, juga ke depannya. Bahkan kekuatan 6-7 magnitudo pun itu tidak berdampak, karena biasa terjadi di Flores, Bangka, belum ada yang merusak," tandasnya.

Tonton juga Video: Gempa M 6,1 Guncang Kaimana, BMKG Imbau Waspada Gempa Susulan

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)