Asal-usul Gajah Mada, Mahapatih Termasyhur Zaman Majapahit

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 06:27 WIB
patung Gajah Mada di Pendapa Agung Trowulan, Kabupaten Mojokerto
Patung Gajah Mada di Pendapa Agung Trowulan (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Nama Gajah Mada sudah tak asing di telinga semua lapisan masyarakat Indonesia. Namun, belum banyak yang tahu asal-usul Mahapatih Majapahit paling masyhur tersebut.

Mohammad Yamin dalam bukunya Gajah Mada: Pahlawan Persatuan Nusantara menduga Mahapatih Majapahit itu lahir di kaki Gunung Arjuna-Kawi, Malang pada permulaan abad 14 sekitar tahun 1300 masehi.

Gajah Mada berasal dari kalangan rakyat biasa. Namun, ia mempunyai semangat tinggi untuk membesarkan negaranya yang baru dibentuk.

Sejarawan sekaligus Menteri Penerangan era Presiden Soekarno itu menguraikan, menurut kepercayaan orang Bali dalam Kitab Usana Jawa, Gajah Mada lahir di Bali Agung dari buah kelapa sebagai jelmaan Sang Hyang Narayana.

Baca juga: Sudah Tahu 5 dari 9 Makam Wali Songo Ada di Jawa Timur? Di Mana Saja?

Menurut Yamin, Gajah Mada mempunyai arti gajah yang galak dan tangkas. Mahapatih Majapahit itu mempunyai beberapa nama lain. Yaitu Empu Mada, Jaya Mada, Dwirada Mada. Sedangkan dari segi agama, nama Gajah Mada adalah Lembu Muksa jelmaan Dewa Wisnu.

Pemerhati Sejarah Mojokerto Iwan Abdillah berpendapat masa kecil Gajah Mada bernama Dipa. Konon Dipa menimba ilmu dari Brahmana Anuraga atau Kuda Anjampiani, putra Ranggalawe.

Alih-alih dikenal sebagai pemberontak, Ranggalawe merupakan putra Arya Wiraraja dari Madura yang berjasa membantu Raden Wijaya mendirikan Majapahit tahun 1292-1293 masehi.

"Gajah Mada kecil berinteraksi dengan anak Ranggalawe, keturunan pimpinan prajurit keraton Majapahit. Pada akhirnya nanti Gajah mada sendiri akan berinteraksi di dalam keraton bahkan menjadi tokoh berpengaruh pada masa keemasan Majapahit," kata Iwan kepada detikcom, Sabtu (4/12/2021).

Sementara Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono Dwi Nugroho menggali asal-usul Gajah Mada dengan menelaah beberapa karya sastra kuno. Pertama yakni Kitab Usana Jawa atau Cerita Bali.

Lihat juga Video: Rencana Sandiaga Uno Kembangkan Desa Wisata Kampung Majapahit

[Gambas:Video 20detik]